Jumat, 26 April 2024

KPU Surabaya Sosialisasikan Pilwali 2020 di STIE Perbanas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Subairi Komisioner KPU Surabaya (kanan) sedang menerangkan Surat Suara. Foto: Totok suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Senin (30/12/2019) di kampus STIE Perbanas Surabaya gelar sosialisasi Pilwali 2020 kepada mahasiswa.

Peran masyarakat termasuk mahasiswa dalam pendidikan politik seperti keterlibatan dalam Pilwali 2020, merupakan bagian penting dari partisipasi warga negara Republik Indonesia terhadap aktivitas politik.

Subairi Komisioner KPU Surabaya divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilu, Partisiipasi Masyarakat dan SDM menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi seperti yang digelar di kampus STIE Perbanas Surabaya akan dilaksanakan berkelanjutan, sampai menjelang pelaksanaaan pemilihan.

“Catatan kami, akan ada sosialisasi di 110 titik di Kota Surabaya. Tentunya sosialisasi ini akan menyasar sekurangnya 11 segmen. Mulai dari komunitas, pelajar, masyarakat dan mahasiswa sebagai pemilih pemula. Sosialisasi dengan kegiatan tatap muka seperti ini memang cukup dibutuhkan,” terang Subairi pada awak media.

Acara yang digelar di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya tersebut mendapat dukungan sepenuhnya dari pihak kampus lantaran memberikan manfaat yang jelas sekaligus positif bagi para mahasiswa.

“Kegiatan semacam ini, sosialisasi Pilwali 2020 yang secara langsung menghadirkan Komisioner KPU Surabaya tentunya sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Ini hal positif yang perlu diapresiasi, termasuk dengan dipamerkannya foto-foto karya kawan-kawan wartawan foto Surabaya. Ini menarik,” terang Dr. Yudi Sutarso Ketua STIE Perbanas Surabaya.

Untuk memberikan gambaran jelas kepada para peserta sosialisasi KPU Surabaya juga menggelar simulasi pencoblosan yang diikuti para mahasiswa yang bertindak sebagai pemilih pemula yang sedang antri di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Melengkapi simulasi, dua kotak pencoblosan dan dua kotak suara disediakan agar peserta sosialisasi Pilwali 2020 bisa merasakan atau menggambarkan bagaimana pemberian suara dilaksanakan di TPS. “Meskipun bukan tinta yang sebenarnya, kami sediakan tinta biasa melengkapi simulasi,” tambah Subairi.

Kegiatan KPU Surabaya kali ini selain menggandeng STIE Perbanas Surabaya juga mengajak komunitas Wartawan Foto Surabaya (Wafos) untuk menampilkan sejumlah karya foto bertema pemilihan umum.

Ali Masduki fotografer Koran Sindo memberikan paparan tentang sekurangnya 30 foto yang dipamerkan. “Foto-foto ini bagian dari kegiatan besar, nasional, yang satu diantara manfaatnya adalah menghindarkan hoax atau kabar bohong tentang proses atau tahapan pemilihan umum di tingkat lokal maupun nasional,” pungkas Ali Masduki.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs