Sabtu, 27 April 2024

Komisi II DPR Akan Evaluasi Pemilu Serentak

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ahmad Riza Patria Wakil Ketua Komisi II DPR RI di gedung DPR, Jakarta, Kamis (25/4/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Banyaknya permasalahan yang muncul dalam Pemilu serentak 2019, membuat Komisi II DPR akan mengevaluasi sistem ini.

Ahmad Riza Patria Wakil Ketua Komisi II DPR RI mengatakan, permasalahan yang muncul itu diantaranya banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal ketika bertugas termasuk lebih 800 lainnya harus dirawat di Rumah Sakit.

“Pemilu serentak ini pertama kali kita lakukan. Banyak sekali catatannya, termasuk banyak yang meninggal dan sakit karena beban kerja mereka terlalu berat,” ujar Ahmad di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Menurut dia, masalah lain yang muncul adalah banyaknya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di beberapa daerah, surat tercoblos di Selangor, Malaysia, dugaan kecurangan dan lainnya.

“Kecurangan itu seperti penggunaan kekuasaan sewenang-wenang. Yang tercoblos di Malaysia itu menguntungkan 01 dan partai tertentu. Makanya saya sudah minta Menlu dan Dubes harus bertanggung jawab,” tegasnya.

Ahmad mempunyai beberapa solusi, misalnya Pilpres dan pemilihan DPD RI nanti bisa bersamaan, sementara Pileg diadakan secara terpisah.

“Itu nanti akan kita bahas di rapat Komisi II dan KPU. Rencananya bulan Mei ini atau masa sidang berikutnya,” jelasnya.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs