Kamis, 28 Maret 2024

Kotak Suara Kehujanan di Jember Bisa Digunakan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Sejumlah kotak suara yang terkena air hujan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, masih bisa digunakan untuk kebutuhan logistik pemilu pada pemungutan suara yang dilaksanakan serentak pada 17 April 2019.

“Memang ada beberapa kotak suara yang terkena percikan air hujan karena atap ruangan penyimpanan bocor, namun tidak sampai menyebabkan kotak suara tersebut rusak dan tetap bisa digunakan,” kata Feri Agus Rudianto Ketua PPK Sumberbaru di Jember, Senin (15/4/2019).

Ia mengatakan pihaknya menggunakan bekas gedung olahraga di depan Kantor Kecamatan Sumberbaru untuk menyimpan kotak suara sebanyak 1.700 lebih kotak, namun hujan deras yang mengguyur di wilayah setempat menyebabkan atap ruangan bocor hingga mengenai kotak suara.

“Kami sudah antisipasi semaksimal mungkin menempatkan logistik pemilu ke tempat yang aman, namun hujan yang cukup deras menyebabkan atap ruangan bekas gedung olahraga di Kantor Kecamatan Sumberbaru bocor,” tuturnya kepada Antara.

Feri mengatakan petugas langsung menjemur sebanyak tujuh kotak suara yang terkena air hujan dan sudah kering, sehingga kotak suara tersebut dapat digunakan dan dinilai masih layak untuk logistik pemilu pada pemungutan suara yang akan berlangsung pada Rabu (17/4/2019).

“Beredarnya informasi yang kurang benar bahwa kotak suara di PPK Sumbebaru rusak karena terkena air hujan menyebabkan aparat kepolisian dan pihak KPU datang ke Kantor Kecamatan Sumberbaru, padahal kondisi kotak suara hanya terkena percikan air saja dan masih bisa digunakan,” katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan memindahkan sebagian kotak suara ke ruangan yang lain di Kantor Kecamatan Sumberbaru untuk mengantisipasi kejadian yang serupa karena hujan diprediksi masih mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Jember.

“Hari ini pengesetan surat suara, kotak suara dan perlengkapan logistik pemilu lainnya untuk 352 TPS yang tersebar di 10 desa di Kecamatan Sumberbaru hampir rampung, sehingga distribusi logistik pemilu akan digeser ke panitia pemungutan suara (PPS) pada Selasa (16/4/2019),” ujarnya.

Pernyataan Ketua PPK Sumberbaru tersebut berbeda dengan yang disampaikan sebelumnya kepada sejumlah wartawan pada Minggu (14/4/2019) bahwa sebanyak tujuh kotak suara dipastikan rusak karena genangan air hujan akibat atap ruangan bocor dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU kabupaten untuk mengganti kotak suara tersebut.(ant/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs