Kamis, 28 Maret 2024

Kotak Suara Pilpres 2019 untuk Pulau Sapeken Didistribusikan Pekan Depan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Logistik Pemilu 2019 yang mulai didistribusikan ke Pulau Sapeken, Sumenep, Madura, Selasa (2/4/2019) melalui Pelabuhan Kalianget. Foto: Istimewa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur bersama KPU Kabupaten Sumenep telah mendistribusikan 495 kotak suara Pemilu 2019 ke Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura, Selasa (2/4/2019).

Choirul Anam Ketua KPU Jatim mengatakan, distribusi logistik Pemilu 2019 untuk Pulau Sapeken ini dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama ini distribusi logistik yang dikirim untuk pemilihan DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

“Ada 495 kotak suara untuk 165 TPS di pulau atau kecamatan Sapeken, pulau terjauh dan tersulit yang dikirim di tahap pertama ini. Logistik untuk DPD dan Pilpres akan dikirim minggu depan,” katanya.

Pengiriman logistik Pemilu 2019 tahap pertama ini dikirim dengan truk yang diberangkatkan sejak Selasa pagi pukul 06.30 WIB. Truk menyeberang ke Sapeken melalui Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Sekitar pukul 12.00 WIB, kapal berangkat dari Kalianget menuju Sapeken dengan pengawalan penuh dari kepolisian serta Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan.

Miftahur Rozaq Komisioner KPU Jatim Divisi Perencanaan dan Logistik mengatakan, logistik yang distribusikan ke Kecamatan Sapeken ini memang dilakukan lebih awal.

Distribusi dilakukan lebih awal karena faktor kepulauan paling jauh. “Selain itu, faktor lainnya adalah cuaca. Kami ingin memastikan, pada H-1 (pemungutan suara) logistik sudah siap di masing-masing balai desa,” katanya.

Proses pengiriman ini dipastikan lancar, tidak terganggu terjadinya gempa tektonik di kawasan kepulauan setempat. Seperti yang disampaikan Malik Mustofa Komisioner KPU Sumenep.

“Distribusi tetap dilakukan. Kami disini tidak merasakan adanya gempa,” katanya.

Menurutnya, pengiriman logistik itu tetap dilakukan karena KPU tidak menerima informasi peringatan dini terkait kemungkinan terjadinya cuaca buruk atau bencana yang akan berdampak pada keselamatan transportasi laut.

Malik mengatakan, pendistribusian lanjutan, yakni tahap kedua, kotak suara Pilpres dijadwalkan dikirim pada 8 April 2019 sesuai jadwal kapal yang akan berlayar dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Sapeken.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs