Jumat, 26 April 2024

Partai NasDem Yakin Bisa Meraup Suara Banyak di Jatim

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Surya Paloh Ketua Umum DPP Partai NasDem. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Surya Paloh Ketua Umum DPP Partai NasDem meyakini partainya akan mampu mendapatkan suara terbanyak di Jawa Timur dalam Pemilu 17 April mendatang.

“Saya penuh keyakinan memperoleh kursi cukup besar di Jatim, dibandingkan daerah lain di Jawa,” tegas Surya Paloh usai acara Temu Kader dan Caleg DPR RI, DPRD Jatim di kantor Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Jatim, Jalan Arjuno, Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Di Jawa Timur ada 11 daerah pemilihan (dapil) untuk suara DPR RI. Surya Paloh berharap, setiap dapil menyumbangkan 1 kursi. Sedangkan dapil II meliputi Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, mendapatkan target khusus yakni tiga kursi.

“Kalau ada 11 dapil, paling tidak ada 14 kursi sedikit-dikitnya,” katanya.

Ketika ditanya apakah akan ada bonus bagi dapil yang memperoleh kursi lebih banyak atau melebihi target. Surya Paloh menjawab, paling tidak jabat tangan dengan Ketua Umum akan lebih erat.

“Bonusnya ndak ada. Bonus apa. Memang kewajiban mereka itu. Tapi paling nggak salaman (jabat tangan) dengan Ketua Umum bisa lebih erat lah,” ujarnya.

Sementara itu, secara nasional, Partai NasDem menargetkan perolehan suara lebih dari 100 kursi DPR RI.

“Kalau mbleset dari target, kira-kira (kurang) dari 10 persen lah,” ujarnya.

Dari 100 kursi, Surya Paloh tidak berharap banyak dari dapil di wilayah Jawa. Suara yang diharapkan mampu memasok perolehan suara terbanyak adalah dapil dari daerah di luar Jawa.

“Untuk di Jawa ini saya nggak berharap banyak. Dapat 40 kursi sudah cukup,” ujarnya.

Ia membeberkan beberapa alasan kenapa perolehan suara dari dapil di luar Jawa diharapkan lebih banyak dibandingkan di Jawa.

“Pertama, karena dapilnya di luar Jawa lebih besar. Di sini (Jawa) kan hanya 39 dapil. Di luar Jawa ada 41 dapil,” katanya.

“Kedua, memang penerimaan masyarakat terhadap Partai NaDem di luar Jawa lebih besar dibandingkan di Pulau Jawa,” terangnya.

Surya Paloh berpesan kepada kadernya, untuk terus melakukan pendekatan secara nalar yang sehat, objektif dan rasional.

“Itu jadi pegangan kita,” ujarnya.

Surya Paloh berharap kemenangan di Pemilu 2019 ini seiring dengan kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

“Ya bagi NasDem sama, harus dipararelkan sejalan dengan kemenangan Pilpres. Karena ini pemilu pertama serentak di negeri kita,” tegasnya.

Ia menerangkan, dengan 5 kertas suara yang dipegang oleh setiap para pemilih yang masuk ke bilik suara, dimungkinkan masyarakat akan timbul kebingungan dan macam-macam.

“Tapi kita yakin, pemilih-pemilih cukup mempunyai pemahaman, pengetahuan. Insyaallah tidak akan menimbulkan katakaanlah kegaduhan sehingga pemilu ini berjalan dengan sukses aman dan terpilihnya kembali capres kita,” jelasnya. (bid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs