Minggu, 23 Januari 2022

Pemilih Milenial, Hoaks, dan Politik Uang Masih Jadi Tantangan KPU

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Daniel Johan anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Daniel Johan anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR RI menilai, pemilih terbesar dalam pemilu nanti adalah kaum milenial. Tetapi pemilih milenial ini bisa saja tidak tertarik dengan Pemilu. Untuk itu, KPU mempunyai tantangan terhadap kaum milenial ini untuk bisa tertarik dalam pemilu serentak April 2019 nanti.

“Pemilih terbesar itu milenial. Pertama, milenial nggak terlalu tertarik pada politik, mungkin mereka sudah mengagendakan liburan. Ini tantangan bagi KPU,” ujar Daniel dalam diskusi empat pilar MPR, di Media Center Parlemen, Senin (25/2/2019).

Selain itu, kata Daniel, adalah masih merebaknya hoaks atau berita bohong. Dia berharap, hoaks akan semakin kecil atau minimal mendekati Pemilu April nanti.

“Tantangan hoaks, kita harap semakin minimal. Hoaks yang kita khawatirkan adalah yang membenturkan warga dengan warga, yang membuat apatis,” kata dia.

Kekuatan politik uang, kata Daniel, adalah musuh utama demokrasi, yang memasung Indonesia sulit berubah.

“Kita mendorong ada kesadaran bersama dari warga dan caleg, bahwa money politics tidak akan membawa perubahan. Karena sudah dibeli putus,” jelasnya.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Minggu, 23 Januari 2022
32o
Kurs