Sabtu, 20 April 2024

Pemilih Milenial, Hoaks, dan Politik Uang Masih Jadi Tantangan KPU

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Daniel Johan anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Daniel Johan anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR RI menilai, pemilih terbesar dalam pemilu nanti adalah kaum milenial. Tetapi pemilih milenial ini bisa saja tidak tertarik dengan Pemilu. Untuk itu, KPU mempunyai tantangan terhadap kaum milenial ini untuk bisa tertarik dalam pemilu serentak April 2019 nanti.

“Pemilih terbesar itu milenial. Pertama, milenial nggak terlalu tertarik pada politik, mungkin mereka sudah mengagendakan liburan. Ini tantangan bagi KPU,” ujar Daniel dalam diskusi empat pilar MPR, di Media Center Parlemen, Senin (25/2/2019).

Selain itu, kata Daniel, adalah masih merebaknya hoaks atau berita bohong. Dia berharap, hoaks akan semakin kecil atau minimal mendekati Pemilu April nanti.

“Tantangan hoaks, kita harap semakin minimal. Hoaks yang kita khawatirkan adalah yang membenturkan warga dengan warga, yang membuat apatis,” kata dia.

Kekuatan politik uang, kata Daniel, adalah musuh utama demokrasi, yang memasung Indonesia sulit berubah.

“Kita mendorong ada kesadaran bersama dari warga dan caleg, bahwa money politics tidak akan membawa perubahan. Karena sudah dibeli putus,” jelasnya.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs