Rabu, 24 April 2024

Rekapitulasi Penghitungan Suara di Jatim, Tinggal 7 Kab/Kota Belum Lapor KPU

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 di Hotel Singgasana, Surabaya, Senin (6/5/2019). Foto: Dok./Denza suarasurabaya.net

Sebanyak 31 dari total 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang sudah melaporkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di tingkat provinsi sampai Kamis (9/5/2019) ini.

Nurul Amalia Komisioner KPU Jatim Divisi Data dan Informasi mengatakan, hari ini ada 7 kota/kabupaten yang akan presentasi melaporkan penghitungan suara ke KPU Provinsi Jawa Timur. Tujuh kabupaten/kota itu diantaranya Malang Kabupaten, Malang Kota, Kota Surabaya dan Madura Raya.

“Target sisa 7 kabupaten/kota yang belum presentasi bisa selesai semua hari ini,” kata Nurul pada Radio Suara Surabaya, Kamis (9/5/2019).

Kata Nurul, target selesai bisa tercapai asalkan tidak ada kendala yang berarti. Selama penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota berjalan dengan baik, sesuai prosedur, tidak ada yang dilanggar dan jika ada kesalahan segera dibetulkan proses laporan di tingkat provinsi akan berjalan lancar.

Selama proses pelaporan penghitungan suara di tingkat provinsi, kata Nurul, perdebatan yang paling banyak ditemui adalah terkait data pemilih yang kurang singkron.

“Beberapa ada yang direkom Bawaslu kalau data pemilih tidak singkron. Tapi kami melihat sejauh ini di tingkat kabupaten/kota sudah melaksanakan dengan baik sesuai prosedur. Jika ada yang selisih data pemilihnya akan diberi ruang untuk mencermati bareng, duduk bareng. Akan kami minta ke forum yang lain untuk membetulkan yang tidak singkron. Tapi tidak sekadar mengganti angka, harus mengetahui salahnya dimana dan penyebabnya apa,” ujarnya.

Jika ada laporan kecurangan, kata Nurul, pihaknya akan menerima laporan. Jika pelapor punya bukti, maka KPU tidak akan mentolerir sedikitpun karena KPU tidak ingin ada yang “bermain”

“Kami optimis rekapitulasi tingkat provinsi akan selesai sesuai target dan akan diserahkan ke KPU Pusat juga sesuai target,” pungkasnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs