Jumat, 26 April 2024

DPD Jatim: Adi Sutarwijono Belum Final Ketua PDI Perjuangan Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kusnadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jatim. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Kusnadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jatim menegaskan, formasi kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Surabaya belum disahkan. Sebab, Konferensi Cabang (Konfercab) yang digelar Minggu 7 Juli lalu, belum dituntaskan.

Kusnadi mengatakan, pengesahan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara diputuskan dalam Konfercab untuk tingkat DPC, lalu Konferda untuk tingkat DPD. Karena Konfercab Surabaya belum tuntas, maka belum disahkan rekomendasi rancangan Calon Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang diterbitkan DPP PDI Perjuangan.

“Sesuai AD/ART pengesahan Ketua itu untuk DPC melalui Konfercab dan untuk DPD melalui Konferda. Jadi ini belum tuntas, kemarin kan mandek,” ujarnya di Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim Jl Kendangsari Surabaya, Minggu (14/7/2019).

Maka dari itu, kata Kusnadi, DPP telah memerintahkan kepada DPD agar menyempurnakan Konfercab di Jatim yang masih tersisa tiga daerah yakni Surabaya, Bojonegoro, dan Banyuwangi.

Kemudian PAC di tiga daerah itu, dipanggil ke DPD untuk diberikan sosialisasi kembali Peraturan Partai No 28/2019 tentang konsolidasi PDIP melalui pembentukan DPC DPD dalam rangka Kongres ke V PDIP.

Setelah hasil sosialisasi aturan ini dilaporkan ke DPP, selanjutnya Konfercab lanjutan akan digelar kembali sebelum tanggal 27 Juli. Pemilihan waktu dan yang memimpin Konfercab lanjutan tetap DPP PDIP.

“Besok kami buat surat ke DPP untuk melapor bahwa sudah dilaksanakan sosialisasi, tinggal DPP kapan akan menjadwalkan Konfercab lanjutan bagi Surabaya,” katanya.

Kusnadi menegaskan, dari tiga daerah itu, yang tahapan Konfercab tinggal penetapan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara adalah daerah Bojonegoro dan Surabaya. Untuk Banyuwangi, rekomendasi DPP belum turun.

“Kemarin sudah sampai demisioner untuk Surabaya dan Bojonegoro, setelah demisioner ini maka dilanjutkan penetapan Ketua baru,” katanya.

Terkait Konfercab lanjutan ini apakah dimungkinkan ada pembatalan atau meneruskan nama-nama yang sudah direkomendasi DPP, Kusnadi mengaku tidak memiliki kewenangan, semua kewenangan ada di DPP.

“Tadi ada yang minta, tapi kami tidak punya kewenangan karena yang memimpin Konfercab harus DPP. Segala keputusan ada di DPP,” katanya.

Sekadar diketahui, nada protes PAC Surabaya telah tehadap rekomendasi DPP atas penunjukan Adi Sutarwijono sebagai Calon Ketua DPC terjadi sejak Konfercab 7 Juli di Empire Palace Surabaya. Hari ini DPD Jatim diperintah DPP untuk mengumpulkan PAC se Surabaya mensosialisasikan Peraturan Partai No 28 tahun 2019 tentang mekanisme pembentukan DPC, DPD menuju Kongres V. (bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs