Sabtu, 27 April 2024

KPU Jatim: Kalau Bisa Kami Selesaikan Rekapitulasi dalam Waktu Tiga Hari

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi di Hotel Singgasana Surabaya, Minggu (5/5/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur memulai rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di Hotel Singgasana Surabaya, Minggu (5/5/2019).

Choirul Anam Ketua KPU Jatim mengatakan, proses rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dimulai pada 5 Mei ini dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang ada.

Sesuai dengan Peraturan KPU RI 7/2019 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU 7/2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

“Mulai hari ini kami agendakan sampai 9 mei atau lima hari, karena dari pantauan kami hampir semua kabupaten kota se-Jatim, 38 kabupaten/kota sudah menyelesaikan proses rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota, tinggal kota Surabaya,” ujarnya.

KPU Jatim, kata Anam, akan melakukan tahapan ini secara beririsan. Artinya, KPU akan menjalankan rekapitulasi sementara KPU kota yang belum selesai menyelesaikan rekapitulasinya.

Setelah tuntas di tingkat provinsi, Anam melanjutkan, proses rekapitulasi tingkat nasional akan segera dilakukan. Karena itulah dia berharap proses rekapitulasi di tingkat provinsi ini lancar.

“Harapannya lancar, aman, dan kondusif, karena tugas kami di provinsi melakukan rekapitulasi hasil hitung kabupaten/kota, dan semua permasalahan selama sudah terselesaikan di tingkat TPS, Kecamatan, maupun Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Penghitungan KPU ini disaksikan oleh berbagai pihak terkait. Tampak sejumlah anggota Badan Pengawas Pemiliu (Bawaslu) Jawa Timur di lokasi rekapitulasi hasil penghitungan suara. Saksi masing-masing peserta juga hadir.

“Hari ini akan ada tujuh kota yang akan kami rekapitulasi. Seperti Kota Pasuruan, Kota Madiun, Kota Probolinggo, Kota Blitar, Kota Kediri, dan kota lainnya,” katanya.

Dia menargetkan, besok KPU Jatim bisa merekapitulasi delapan kabupaten di Jawa Timur demikian halnya lusa, Anam menargetkan ada delapan kabupaten yang direkapitulasi.

Namun, kata dia, kalau memang ada kemungkinan dalam satu hari bisa ditambahkan jumlah kabupaten/kota yang direkapitulasi, KPU akan menambahkannya.

“Sebisa mungkin tidak harus lima hari selesai, kalau bisa tiga hari, ya, tiga hari. Lebih cepat lebih baik, dengan tetap memperhatikan ketelitian. Kami juga sudah mengundang saksi parpol dan semua saksi DPD, Caleg, maupun paslon Pilpres,” ujarnya.(den/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs