Kamis, 9 Mei 2024

KPU Surabaya: Distribusi Logistik di Surabaya Masih On the Track

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Robiyan Arifin Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan dan Data. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Robiyan Arifin Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan dan Data mengatakan, tahapan distribusi logistik Pemilu 2019 di Kota Surabaya diklaim masih on the track. Pasalnya, saat ini KPU sudah melangsungkan distribusi surat suara ditingkat kecamatan. Ia mengatakan, proses ini sudah dilaksanakan sejak Kamis (4/4/2019) lalu, mengingat jumlah kecamatan di Kota Surabaya yang lumayan banyak yaitu 31 kecamatan.

KPU Surabaya juga menargetkan distribusi surat suara sudah tuntas pada H-2 atau H-1 pelaksanaan Pemilu. Nantinya, surat suara pada H-1 sudah siap dikirim ke TPS.

“Dan kebanyakan kalau di Surabaya karena jarak dari TPS ke kantor kelurahan itu dekat, kebanyakan ngambilnya itu pagi. Sehingga tidak membebani pengamanan,” kata Robby ketika ditemui di Kantor KPU Surabaya di Jalan Adityawarman, Surabaya.

Terkait distribusi ke TPS, ia menyebut pola pengambilan logistik Pemilu disesuaikan dengan kondisi kabupaten/kota masing-masing. Di beberapa kabupaten yang jarak dari sesa ke TPS lumayan jauh, biasanya H-2 atau H-1 distribusi akan dilakukan terlebih dahulu.

“Kalau di Surabaya kan dekat semua. Sehingga untuk mengurangi risiko keamanan, jadi biasanya tetap ada di Kantor Kelurahan. Pagi-pagi jam 05.00 WIB, itu Linmas ngambil ke kelurahan untuk diangkut ke TPS,” ujar Robby.

Selain itu, ia juga mengatakan, dalam waktu dekat akan ada pengiriman formulir C6 atau surat pemberitahuan kepada pemilih untuk mencoblos. Ia memprediksi, maksimal tanggal 14 April 2019 seluruh formulir telah dikirim ke masing-masing pemilih. (bas/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
30o
Kurs