Sabtu, 4 Mei 2024

Satu Panelis Mundur, KPU: Tak Kurangi Kualitas Debat Pilpres

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Arief Budiman Ketua KPU (tengah) diantara para panelis debat capres kedua yang menunjukan dokumen pakta integritas di Jakarta, Sabtu (9/2/2019). Foto: Antara

Arief Budiman Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan, pengunduran diri Suparto Wijoyo Pakar Hukum Lingkungan Universitas Airlangga, sebagai panelis dalam debat capres ke-2 tidak akan mengganggu kualitas debat.

Menurut Arief, seusai menyaksikan penandatangan pakta integritas oleh moderator dan panelis di Jakarta, Sabtu (9/2/2019), Suparto mengundurkan diri beberapa waktu lalu, sebelum dimulainya FGD dan rapat perumusan materi untuk pertanyaan debat yang dilaksanakan di Jakarta, Jumat (8/2/2019)-Minggu (10/2/2019).

Kata dia, tujuh panelis yang saat ini bekerja untuk menyusun pertanyaan debat sudah mencukupi. Mereka mewakili setiap tema dalam debat kedua yang mengangkat energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan dan sumber daya alam.

“Kan sudah terwakili semua, jadi dari tema pangan, infrastruktur, energi, lingkungan hidup dan sumber daya alam itu sudah terwakili di tujuh panelis itu, jadi KPU tidak perlu menambah panelis lagi,” katanya, dilansir Antara.

Sementara itu, saat ini ketujuh panelis tengah bekerja untuk merumuskan materi dan pertanyaan dalam debat capres ke-2 nanti di Jakarta.

Ketujuh panelis tersebut adalah Prof Ir Joni Hermana Rektor ITS, Dr Arif Satria Rektor IPB, Nur Hidayati Direktur Eksekutif Walhi, Prof Irwandy Arif ahli pertambangan ITB, dan Ahmad Agustiawan pakar energi.

Selanjutnya, Sudharto P Hadi pakar lingkungan Undip serta Dewi Kartika Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria.

Ketujuh panelis tersebut dijadwalkan akan menyelesaiakan perumusan pertanyaan pada Minggu (10/2/2019), setelah berkerja sejak Jumat kemarin.

Dalam debat capres kedua yang akan berlangsung 17 Februari mendatang, di The Sultan Hotel, Jakarta tersebut, pertanyaan yang dihasilkan oleh para panelis akan dirahasiakan.

Berbeda dengan debat capres pertama yang membeirkan kisi-kisi soal kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Untuk semakin meneguhkan sikap menjaga kerahasiaan pertanyaan tersebut, para panelis dan moderator dalam debat kedua menandatangani pakta integritas di Jakarta, Sabtu (9/2/2019), yang disaksikan langsung oleh Arief Budiman Ketua KPU.

Dalam debat capres kedua ini, hanya akan melibatkan pasangan calon presiden, yaitu Joko Widodo calon presiden nomor urut 01, dan Prabowo Subianto calon presiden nomor urut 02.

KPU juga sudah menetapkan Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator debat. (ant/ang)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs