Selasa, 16 April 2024

Spanduk Eri Cahyadi Ditertibkan, Pendukung Protes

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Salah satu spanduk dukungan pada Eri Cahyadi Kepala Bappeko Surabaya di Jalan Barata Jaya. Foto: Istimewa

Sejumlah spanduk berisi pernyataan dukungan kepada Eri Cahyadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya untuk maju Calon Wali Kota ditertibkan oleh Linmas Kota Surabaya. Warga yang menjadi pendukung Eri menilai, pencopotan itu dianggap upaya membatasi aspirasi warga Kota Surabaya.

“Wong kami ini memasang spanduk atas inisiatif sendiri. Bikin kata aspirasi sendiri, urunan sendiri, masang di lingkungan kita sendiri. Kok malah diturunkan. Lah spanduk bahkan baliho besar orang-orang yang jelas-jelas dibiarkan. Ini kan nggak adil,” ujar Aji Setiawan, warga Sambikerep, Senin (30/12/2019).

Suwarto seorang perwakilan pendukung Eri dari Benowo yang spanduknya ikut menjadi korban pencopotan mengatakan, tindakan Linmas tidak tepat. Sebab, umumnya spanduk dukungan kepada Eri Cahyadi tersebut dipasang di wilayah kampungnya sendiri.

“Masak Linmas blusukan kampung-kampung cuma buat ngurusi spanduk Pak Eri Cahyadi? Masih banyak spanduk-spanduk besar politikus di jalan-jalan Surabaya yang tidak diapa-apakan,” katanya.

Suwarto khawatir, tindakan Linmas sebenarnya upaya untuk menggembosi dukungan warga kepada Eri.

“Kalau memang benar alasannya perda, kenapa spanduk calon lain masih ada? Saya khawatir ini memang upaya untuk menghalangi dukungan warga kepada Eri Cahyadi,” katanya.

Suwarto bersama sejumlah warga lainnya tak ambil pusing. Pihaknya tak akan berhenti untuk menyuarakan aspirasi dukungannya.

“Kami tak mau kota kami disandera politikus yang tak punya rekam jejak riil dengan Kota Surabaya. Harus yang sudah punya kontribusi dan nyambung dengan Bu Risma. Dan itu ada pada Pak Eri Cahyadi,” katanya.

Karena itu, setelah penertiban spanduk jelang Hari Raya Natal yang dilakukan linmas kemarin, mereka memasang lebih banyak spanduk lagi. Kali ini warga dari Simokerto, Dupak, Krembangan, hingga Rangkah.

“Warga yang sepakat dengan gerakan kami semakin banyak. Linmas jangan membatasi aspirasi ini,” katanya.

Sebelumnya, inisiatif warga untuk memasang spanduk berisi dukungan buat Eri Cahyadi dicopot oleh Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya.

Eddy Christijanto Kepala BPB Linmas mengatakan, pencopotan tersebut merupakan bagian dari penertiban kota. “Ini sesuai Perda yang berlaku di Surabaya,” ujar Eddy

Lokasi pencopotan dilakukan di sejumlah titik. Beberapa di antaranya adalah Putat Jaya dan Sambikerep. Di Putat Jaya, spanduk yang diturunkan bertulisan Eri Cahyadi Fight dan Merdeka.

“Karena saat ini belum mamasuki masa kampanye jadi pelepasan itu tanggungjawab Linmas dan Satpol PP, kalau sudah masa kampanye itu kan tanggungjawabnya Bawaslu,” jelasnya. (bid/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs