Jumat, 29 Maret 2024
Pilkada Serentak 2020

KPI Minta Lembaga Penyiaran Adil Pada Seluruh Calon Kepala Daerah

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Nuning Rodiyah Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat ditemui di Surabaya pada Kamis (6/2/2020). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta seluruh lembaga penyiaran agar memberikan kesempatan yang sama pada seluruh calon kepada daerah pada Pilkada serentak 2020.

Tahun 2020 ini, di Jawa Timur akan terselenggara Pilkada di 19 kabupaten/kota.

“Check-balance nya gimana, maka lembaga penyiaran harus memberikan kesempatan yang sama pada seluruh peserta pemilu. Bukan tidak memberikan kesempatan, tapi memberikan kesempatan yang sama,” ujar Nuning Rodiyah Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat di Surabaya pada Kamis (6/2/2020).

Misalnya, kata Nuning, pasangan calon nomor 1 diberikan ruang untuk kemudian talkshow di media, pasangan lain harus diberi juga. Tidak harus di satu waktu, tapi harus di program yang sama. Jadi hari ini pasangan nomor 1, besok pasangan nomor 2, itu boleh. Itu namanya balance,” lanjutnya.

Selain itu, KPI juga mengaku mendorong KPU selaku regulator penyelenggaraan pemilu agar memberikan ruang sosialiasi lebih luas untuk peserta pemilu khususnya di lembaga penyiaran.

“Karena dengan informasi yang cukup, masyararat, berkaitan profil akan memberikan informasi baik, tidak salah pilih, tidak kucing dalam karung, dan sebagainya. Kami berharap pada lembaga penyiaran, terus menyosialiasikan pada penyelenggaraan pemilu 2020 ini,” katanya. (bas/bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs