Kamis, 18 April 2024

Tiga Parpol Positif Mengusung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Machfud Arifin (berkacamata). Foto: Dok./Abidin suarasurabaya.net

Kurang dari seminggu, Irjen Pol (Purn.) Machfud Arifin Mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma’ruf Amin positif dapat dukungan tiga parpol untuk maju sebagai Bakal Calon Wali Kota Surabaya di Pilwali 2020.

Kamis (16/1/2020) lalu, Partai Amanat Nasional (PAN) pemilik tiga kursi di DPRD Surabaya menyerahkan rekomendasi bakal calon wali kota kepada Machfud Arifin. Menyusul kemudian, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Minggu (19/1/2020) kemarin, PKB yang punya lima kursi di DPRD Surabaya menyerahkan rekomendasi bakal calon wali kota kepada Machfud Arifin. Rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB di Jakarta.

“Benar, rekomendasi itu diserahkan Minggu malam di Jakarta,” kata Machfud Arifin, Selasa (21/1/2020).

Abdul Halim Iskandar Ketua PKB Jatim dan Musyafak Rouf Ketua PKB Surabaya turut mendampinginya saat penyerahan rekomendasi. Partai lain yang sudah positif akan mengusung Machfud Arifin adalah Gerindra. Surat rekomendasi untuk Machfud Arifin masih dalam proses di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra. Soepriyatno Ketua DPD Gerinda Jatim memastikan itu.

“Sejak awal kami yang memilih dan menyuarakan ke teman-teman koalisi. Bahkan Gerindra yang pro aktif dan intensif meminta Bapak Machfud bersedia menjadi Calon Wali Kota Surabaya,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (21/1/2020).

Menurutnya, belum turunnya rekomendasi untuk Machfud Arifin hanya karena soal teknis. Dia memastikan, rekomendasi itu tidak akan berubah, karena Gerindra menilai Mantan Kapolda Jatim itu orang yang sangat tepat.

Perlu diketahui, Gerindra punya lima kursi di DPRD Surabaya. Dengan demikian, total jumlah kursi tiga partai yang positif mengusung Machfud Arifin sudah 13 kursi. Sudah cukup untuk mengusung Machfud Arifin untuk maju dalam pilwali Surabaya 2020, tinggal menentukan pasangannya. (den/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs