Sabtu, 29 Februari 2020

Tinggal Selangkah Lagi, Machfud Arifin Juga Dapat Rekomendasi dari PKB

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Machfud Arifin (berkacamata). Foto: Dok./Abidin suarasurabaya.net

Fauzan Fuadi Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim memastikan, rekomendasi untuk Inspektur Jenderal Polisi (Purnawirawan) Machfud Arifin tinggal selangkah lagi.

“Lho, surat kami (DPW) sudah naik (ke DPP). Surat permohonan rekomendasi sudah dikirim ke pusat,” kata pria yang juga Ketua Fraksi PKB di DPRD Jatim ini saat ditemui di kantornya, Kamis (16/1/2020).

Dia menjelaskan, DPW PKB Jatim hanya meneruskan surat permohonan rekomendasi dari PKB Surabaya. PKB Surabaya memohon rekomendasi untuk Machfud Arifin sebagai Bakal Calon Wali Kota di Pilwali Surabaya 2020.

Namun, kata Fauzan, secara formal Machfud Arifin harus melewati uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Dia pastikan, sebelum turunnya rekomendasi, Machfud Arifin akan dipanggil ke DPP PKB.

“Kalau Surabaya, selama ini kami hanya (fokus) ke cawawali. Karena itu kami berharap koalisi partai pengusung Pak Machfud Arifin ngumpul dulu untuk menentukan siapa wakilnya,” katanya.

Menurutnya, partai politik yang jadi bagian dari koalisi tidak bisa menurunkan rekomendasi untuk satu paket bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, sementara koalisi lain belum diajak bicara.

“Tidak bisa seperti itu. Pasti nanti kami (parpol dalam koalisi) akan duduk bareng,” kata Fauzan.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) sudah menyerahkan rekomendasi dari pengurus pusat PAN kepada Machfud Arifin sebagai Bakal Calon Wali Kota di Pilwali Surabaya 2020 mendatang.

Machfud Arifin masih membutuhkan dukungan dari partai lain karena PAN hanya punya tiga kursi di DPRD Surabaya. Kalaupun PKB menurunkan rekomendasi, kursi partai pengusung masih kurang.

KPU mensyaratkan seorang bakal calon wali kota dan wakil wali kota harus diusung oleh partai atau koalisi partai dengan jumlah perolehan kursi minimal 10 atau 20 persen dari total kursi di DPRD Surabaya.

Sampai saat ini, selain PAN dan PKB, partai lain yang sudah memunculkan sinyal koalisi untuk mengusung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020 adalah Partai Gerindra, Partai Keadilan Sosial (PKS), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).(den/iss/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Pakal Sumberan Masuk Rumah Warga

Banjir Kandangan

Banjir di kawasan Greges dekat TL Simpang 3 Margomulyo

Genangan di Jln. Kapasari

Surabaya
Sabtu, 29 Februari 2020
28o
Kurs