Jumat, 26 April 2024

Bawaslu Surabaya Menemukan Banyak Pemilih Ganda

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Logo Bawaslu.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya menemukan banyak pemilih ganda di Pilwali Surabaya. Hasil temuan itu merupakan laporan dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di setiap kecamatan di Kota Surabaya.

“Iya kami mendapatkan laporan dari Panwascam yang masih banyak menemukan pemilih ganda di setiap kecamatan,” kata Muhammad Agil Akbar Ketua Bawaslu Surabaya, Selasa (29/9/2020).

Temuan pemili ganda itu merupakan hasil pengawasan Panwascam di masing-masing Kecamatan per hari ini. Sayangnya, Agil mengaku belum tahu berapa jumlah pemilih ganda itu. Bawaslu Kota Surabaya masih melakukan inventarisasi.

“Soal jumlahnya, nanti, kami belum menghitung secara keseluruhan. Masih belum selesai kami rekap,” ujarnya.

Bawaslu Surabaya, kata Agil, juga belum bisa menyimpulkan apakah temuan pemilih ganda ini merupakan kesalahan teknis atau disengaja. Tetapi secara prinsip pihaknya telah menemukan adanya pemilih ganda.

“Itu menjadi kewenangan PPK/PPS saat pemutakhiran data pemilih. Makanya kalau menyimpulkan di awal, kan, enggak baik juga,” katanya. “Prinsipnya kami telah menemukan bahwa dalam proses input data ada yang ganda.”

Selain mendapati adanya temuan ganda, Bawaslu kini juga mempertanyakan penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya. Padahal, menurut Agil, jumlah pemilih banyak yang berkurang.

“Pasca-coklit jumlah TPS-nya bertambah. Padahal jumlah pemilihnya itu kalong (berkurang). Nah logikanya, kan, kalau berkurang enggak harus menambah TPS,” ujar Agil. “Berkurang itu macam-macam sebabnya. Ada yang sudah pindah, ada yang meninggal ada yang jadi tentara dan lain-lain.”(den/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs