Jumat, 3 April 2020

DPRD Siap Sosialisasi Hasil Rapat COVID-19 di Grahadi ke 14 Dapil Jatim, Apa Hasilnya?

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sahat Tua Simanjuntak Sekretaris DPD Golkar Jatim sekaligus Wakil Ketua DPRD Jatim di Gedung Negara Grahadi, Minggu (3/11/2019). Foto: Istimewa

Sahat Tua Simanjuntak Wakil Ketua DPRD Jatim bersama sejumlah Anggota Komisi E DPRD Jatim mengikuti rapat koordinasi dengan Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Senin (23/3/2020).

Dia mengapresiasi langkah yang diambil oleh Satuan Gugus Tugas COVID-19 Jatim dan menyatakan siap melakukan sosialisasi hasil rapat itu ke masyarakat di 14 Daerah Pemilihan (Dapil) di Jatim.

“Selaku pimpinan DPRD Jatim, saya bersama Komisi E datang dan lihat langsung persiapan Satuan Gugus Tugas. Ini sudah cukup bagus,” ujarnya setelah rapat di Gedung Negara Grahadi.

Menurutnya, langkah yang diambil Satuan Gugus Tugas dalam rapat itu sudah terkoordinasi dengan baik ke seluruh jajaran Pemprov Jatim juga Polda Jatim dan TNI.

“Kami di kalangan Dewan akan sosialisasikan ini kepada seluruh masyarakat di 14 Dapil. Daerah Pemilihan. Semoga ini bisa diikuti seluruh masyarakat Jatim,” katanya.

Sahat menyampaikan apresiasi, perhatian Pemprov Jatim atas COVID-19 ini menurutnya betul-betul luar biasa, dan tinggal menunggu reaksi masyarakat atas arahan Pemprov Jatim.

Dia bilang sudah koordinasi dengan Khofifah Gubernur Jatim, Heru Tjahjono Komandan Gugus Tugas COVID-19, juga Kapolda dan Pangdam V Brawijaya. Tapi, tidak dia sebutkan apa hasil rapat itu.

“Apapun yang disiapkan Pemprov Jatim, kalau tidak diikuti perubahan perilaku masyarakat, tentu tidak akan mencapai hasil yang maksimal,” katanya. “Kami harap situasi ini cepat berakhir. Itu butuh kerja sama seluruh masyarakat,” katanya.

Sejumlah wartawan menanyakan komentar Sahat Tua Simanjuntak tentang sudah adanya petugas OPD di lingkungan Pemprov Jatim yang positif COVID-19. Dia kembali menyebut nama Heru Tjahjono.

“Segala hal berkaitan situasi darurat ini, sudah diserahkan ke Komandannya, Pak Heru (Sekda). Sebagai penanggung jawab ASN, tentu Pak Heru sudah membuat SOP-SOP, bagaimana pelayanan publik tetap tercapai dan keselamatan ASN juga bisa tercapai,” ujarnya.

“Tentu ini semua darurat. Kita tidak bisa mencapai hal yang ideal. Karena ini darurat. Ini darurat nasional, sudah. Jadi kami semua serba maklum. Yang penting semua harapan bisa tercapai, dan kita semua sehat-sehat. Itu saja,” katanya.

Demikianlah semua informasi yang dia sampaikan dalam wawancara singkat dengan wartawan di Grahadi setelah rapat. Soal hasil rapat itu, dia akhirnya bilang, nanti akan disampaikan Heru Tjahjono selaku Komandan Satuan Gugus Tugas COVID-19.

Meski demikian, setidaknya ada satu informasi yang cukup melegakan dari Sahat Tua Simanjuntak. Bahwa nanti, Senin (23/3/2020) malam, akan ada penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) untuk seluruh rumah sakit rujukan di Jawa Timur.

“Nanti malam kami akan hadir,” ujarnya.(den/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
26o
Kurs