Selasa, 16 April 2024

Eri Cahyadi-Armudji Janji Gratiskan Listrik dan Air PDAM untuk Lansia di Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Debat Publik II Calon Walikota & Calon Wakil Walikota Kota Surabaya Tahun 2020, Rabu (18/11/2020). Foto: Istimewa

Eri Cahyadi-Armudji Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 1 menjanjikan bakal menggratiskan tagihan listrik dan air PDAM kepada para lanjut usia (lansia) yang ada di Kota Surabaya.

Dua janji itu disampaikan keduanya pada debat kedua Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya 2020, yang digelar di Dyandra Convention Center pada Selasa (18/11/2020) malam.

“Kami akan gratiskan tagihan listrik dan air PDAM bagi para lansia. Begitu juga Posyandu Lansia akan kami tingkatkan, baik kegiatan maupun anggarannya. Kalau sebelumnya untuk tambahan gizi kami anggarkan Rp 11 ribu, maka akan kami tingkatkan jadi Rp 15 ribu,” ujar Eri Cahyadi di segmen awal debat.

Menurut Eri, kaum lansia adalah warga senior kota Surabaya, yang tetap harus dirawat dan dihargai serta disejahterakan. Oleh karenanya, sambung Eri, harus bisa menikmati pembangunan kota Surabaya juga.

“Ke depannya, kami akan jadikan Surabaya sebagai kota yang tidak hanya ramah kepada ibu dan anak, namun juga ramah pada lansia. Kami pastikan semua kalangan termasuk lansia harus terlayani, tidak boleh ada lansia yang terlantar di Surabaya,” ujar mantan Kepala Bappeko Kota Surabaya itu.

Sementara Armudji, menyebutkan program dokter yang melakukan kunjungan pintu ke pintu (door to door) sebagai cara konkret pelayanan dan perawatan para lansia di Surabaya.

“Dari program kunjungan dokter door to door kepada para lansia itu, untuk mengetahui bagaimana kondisi para warga senior kita itu. Bagaimana kualitas kehidupannya, kondisi kesehatannya, apakah ada sakit-sakit yang biasa menimpa kalangan lansia sehingga langsung bisa dirawat dan diobati,” kata Armudji.

Selain kunjungan dokter pintu ke pintu, Armuji juga mengatakan bahwa para lansia juga perlu aktivitas keseharian yang menyenangkan sehingga sehat tidak secara fisik, namun juga psikis.

“Kami akan buat lebih banyak lagi taman atau ruang terbuka hijau, yang sudah dilakukan oleh Bu Risma selama ini. Kami perbanyak lagi dan lebih ramah kepada para lansia,” ujar mantan Ketua DPRD Kota Surabaya tersebut.

“Selain itu, setiap lansia akan diberikan gelang yang tertanam chip yang berisi Nomor Induk Kependudukan, rekam medis, dan alat pelacak GPS. Alat pelacak GPS ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kasus lansia yang hilang atau tersesat,” kata Armudji.(bid/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs