Jumat, 30 Oktober 2020

Jago Bacalon PDIP 6 Daerah di Jatim Keluar, Kecuali Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Deni Wicaksono Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan Jatim. Foto: Istimewa

Beberapa Bakal Calon Kepala Daerah di Jatim yang diusung PDI Perjuangan diumumkan hari ini. Ada enam daerah kecuali Kota Surabaya yang rekomendasinya dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Jumat (17/7/2020).

Deni Wicaksono Kepala Badan Pemenangan Pemilu (BP Pemilu) DPD PDI Perjuangan Jatim mengatakan, enam daerah Kabupaten/Kota di Jatim yang sudah keluar rekomendasinya adalah Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Mojokerto, Kota Pasuruan, Trenggalek, dan Kabupaten Kediri.

“Untuk Jatim, hari ini hanya 6 daerah non Surabaya. Surabaya belum,” ujar Deni dikonfirmasi suarasurabaya.net, Jumat pagi.

Deni menegaskan, rekomendasi bakal calon untuk Kota Surabaya masih berproses di DPP. Kemungkinan akan diumumkan akhir bulan Juli ini atau awal Agustus mendatang.

“Untuk Surabaya masih berproses di DPP. (Diumumkan) akhir bulan ini sampai awal bulan depan,” katanya.

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan telah mengeluarkan rekomendasi bagi empat bakal calon Kepala Daerah di Jatim yakni Kabupaten Ngawi, Kabupaten Malang, Kabupaten Sumenep, dan Banyuwangi. Dengan tambahan 6 daerah lagi, maka PDIP sudah merekomendasi bakal calon di 10 daerah di Jatim. Sekarang tersisa 9 daerah termasuk Surabaya.

Terkait rekomendasi bakal calon di Pilkada, kata Deni, Megawati Soekarnoputri Ketua Umum memiliki hak prerogatif menentukan siapa yang akan diberi rekomendasi.

Sekadar diketahui, sejumlah nama memang mengemuka berebut rekomendasi PDIP di Pilkada Surabaya 2020 sejak penjaringan bakal calon di DPC, DPD, hingga DPP.

Whisnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya menjadi satu diantaranya orang yang mendaftar dalam penjaringan calon di DPC Surabaya. Lalu ada nama Eri Cahyadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (Bappeko), meski tidak ikut mendaftar dalam penjaringan partai.

Selain itu ada Dyah Katarina Anggota DPRD Kota Surabaya, yang juga istri Bambang Dwi Hartono atau akrab dipanggil Bambang DH Wali Kota Surabaya periode 2002-2010. Berikutnya juga ada nama Armuji Anggota DPRD Jatim. (bid/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Jumat, 30 Oktober 2020
28o
Kurs