Jumat, 26 April 2024

KPU: Masyarakat Tak Perlu Takut untuk Pencocokan dan Penelitian

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilham Saputra Komisioner KPU RI saat berada di Tarakan, Jumat (17/7/2020). Foto : Antara

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia meminta masyarakat agar membuka diri dan tidak perlu takut untuk dilakukan pencocokan dan penelitian, agar nantinya bisa dicatat nama-namanya dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Jangan takut pencocokan dan penelitian, buka diri anda agar kemudian nanti kita bisa mencatat nama-nama dalam DPT, sehingga hak pilih anda dapat kita fasilitasi untuk dipenuhi,” kata Ilham Saputra Komisioner KPU RI di Tarakan, Kaltara, Jumat (17/7/2020).

Dia juga memastikan, petugas coklit akan mendatangi rumah warga dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dalam upaya mencegah penularan Covid-19.

“Dengan masker, face shield, sarung tangan plastik yang sekali pakai itu yah, agar kemudian kita pertama untuk menghindari paparan Covid,” ucapnya seperti dilansir Antara.

Sebelum melakukan pencocokan dan penelitian, memastikan petugas terlebih dulu melakukan uji rapid test atau tes cepat untuk memastikan petugas tidak berpotensi terpapar.

Ilham mengharapkan masyarakat harus terbuka ketika pintu rumahnya diketuk petugas untuk didata. Masyarakat juga menunggu hingga petugas datang melakukan pencocokan dan penelitian.

Saat ini, tahapan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 telah dimulai, dengan pencocokan dan penelitian.

Di Kalimantan Utara yang akan melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Malinau, Nunukan, Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Bulungan, kegiatan coklit ditandai dengan pencanangan yang digelar Sabtu (18/7/2020) di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

“Besok (Sabtu, red) di Tanjung Selor ada pencanangan mulainya pencocokan dan penelitian serentak seluruh Indonesia. Jadi saya juga ditugaskan untuk itu,” katanya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs