Kamis, 25 April 2024

Lapas di Jatim Diminta Persiapkan Pilkada Serentak 2020

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Krismono Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim. Foto: Istimewa

Krismono Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim meminta jajaran Rutan dan Lapas yang mempersiapkan diri memfasilitasi hak pilih warga binaan pemasyarakatan (WBP) dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Krismono bilang, ada sekitar 25.013 ribu WBP yang tersebar di 39 UPT Pemasyarakatan di Jawa Timur. Dia pun kembali meminta jajarannya segera melakukan pemetaan risiko dan berkoordinasi dengan KPU setempat demi mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak. Sehingga, WBP tetap memiliki kesempatan untuk memilih kepala daerah.

“Karena ini terkait pemenuhan hak asasi setiap warga negara, kami akan terus perjuangkan,” ujar Krismono dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, Senin (2/11/2020).

Krismono menegaskan Kanwil Kemenkumham Jatim dan jajaran harus netral pada pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Dia menyatakan tidak pernah menginstruksikan anak buahnya untuk memihak salah satu pasangan calon. Apalagi sampai ada pemaksaan.

“Kami memberikan kebebasan kepada WBP maupun pegawai untuk memilih sesuai kehendaknya,” ujarnya.

Krismono pun mengungkapkan beberapa masalah yang sering ditemui, yang menyebabkan WBP kesulitan menyalurkan hak pilihnya. Masalah utamanya terletak pada kartu identitas yang jarang dimiliki WBP. Karena pada pemilu kali ini, WBP harus punya identitas yang jelas yang dibuktikan dengan kepemilikan e-KTP.

“WBP harus punya NIK dan ini memang agak sulit karena tidak semua dari mereka (WBP) membawa identitas saat masuk ke Lapas atau Rutan,” ujarnya.(bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs