Jumat, 3 Mei 2024

Megawati: Perempuan Jangan Merasa Dirinya Hanya Konco Wingking

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP memberikan tumpeng kepada Joko Widodo Presiden RI dalam Rakernas dan HUT PDIP ke-47, Jumat (10/1/2020) malam. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan meminta agar perempuan Indonesia percaya diri dan yakin bahwa usaha keras akan menghasilkan prestasi besar. Jangan merasa perempuan itu ditakdirkan untuk tak bisa berprestasi. Megawati menyampaikannya dalam pidatonya di perayaan HUT ke-47 sekaligus Rakernas I 2020 PDI Perjuangan (PDIP) di Kompleks JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Presiden RI Kelima itu bercerita dirinya baru kembali dari Tokyo setelah menerima gelar doktor kehormatan bidang kemanusiaan.

“Jadi kata orang baru segar gelarnya,” kata Megawati disambut tawa ribuan peserta acara.

Baginya, satu diantara pesan utama dari pemberian gelar itu adalah bahwa perempuan Indonesia bisa berprestasi.

“Jadi anak-anakku, saya tegaskan sebagai perempuan jangan merasa terpinggirkan, jangan merasa perempuan itu konco wingking, selalu berada di belakang. Tidak. Pada kenyataannya saya bisa membuktikan jadi nomor satu. Presiden perempuan jadi nomor satu. Wakil Presiden perempuan nomor satu,” ujar Megawati yang kembali disambut tepuk tangan.

Konco Wingking adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang bermakna bahwa kodrat perempuan adalah berada di belakang. Tugasnya hanya sekedar menjadi ibu yang melahirkan anak, serta tugasnya hanya memasak makanan, tanpa hak untuk bicara serta berperan.

“Termasuk ketua umum partai politik nomor satu, yang pada hari ini, saya mengucapkan terima kasih kepada kalian semua yang tetap mempercayai saya menjadi ketua umum,” kata Megawati yang disambut gemuruh tepuk tangan teriakan ‘merdeka’.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs