Sabtu, 26 September 2020

Soal Maju Pilkada Kota Pasuruan, Gus Ipul: Baru Mendengar Kabar Saja

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur yang dikabarkan akan mencalonkan diri di Pilkada Pasuruan. Foto: Anggi/Dok. suarasurabaya.net

Saifullah Yusuf mantan Wakil Gubernur Jawa Timur mengaku belum menerima rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Pilkada Kota Pasuruan 2020. Sejauh ini ia mengaku hanya sebatas mendengar kabar berseliweran saja.

“Belum, belum, belum. Aku podo karo koen, mek krungu pernyataan tok (Saya sama dengan kamu, baru mendengar pernyataan saja, red)” ujar Saifullah Yusuf usai Peringatan Hari Pramuka bersama Kwarda dan Kwarcab se-Jatim di Gedung Negara Grahadi, Rabu (12/8/2020).

Gus Ipul belum ingin banyak mengomentari soal kabar tersebut. Politisi yang juga mantan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) itu hanya menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan itu.

“Terima kasih masih disebut, terima kasih dieling-eling. Onok sing eling aku, maturnuwun, terima kasih sekali (terima kasih ada yang ingat) dan satu kehormatan,” tegasnya.

Gus Ipul menyebut, perlu waktu untuk menjawab soal Pilkada Kota Pasuruan. Sebab, menurutnya, memimpin suatu daerah adalah soal menjaga kepercayaan dengan baik. “Saya belum bisa jawab sekarang,” tegasnya.

Saat ini, Gus Ipul masih mengumpulkan saran, dan pendapat. Ia meminta semua menunggu. Mengingat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) masih panjang, yakni 4-6 September 2020.

“Pokoknya sekarang saya mengumpulkan saran, mengumpulkan pendapat yang baik-baik sambil nanti menunggu waktu. Karena masih panjang yang harus dijadikan pertimbangan-pertimbangan,” bebernya.

“Banyak situasi-kondisi dan lain-lain yang semuanya itu nantinya menjadi dasar bagi keputusan saya. Saya terima kasih kepada teman-teman pimpinan partai sudah menyebut-nyebut. Saya terima kasih,” tandasnya.

Sementara itu, Anik Maslachah Wakil Ketua DPW PKB Jatim mengaku memang banyak suara yang mengusulkan nama Gus Ipul di Pilkada Kota Pasuruan. Termasuk para kiai di Jatim dan kawasan Pasuruan dikabarkan telah merestui.

“PKB sudah merespon aspirasi para kiai yang menghendaki Gus Ipul melakukan percepatan pembangunan di Kota Pasuruan,” ujar Anik, Rabu (12/8/2020).

Anik yang juga wakil ketua DPRD Jatim itu menilai, Gus Ipul sarat pengalaman. Namun, kata dia, pihaknya kini menyerahkan penuh keputusan kepada pria yang juga menjabat Ketua PBNU itu. “Bola ada di tangan GI (Gus Ipul)” tegasnya.

Sementara dikonfirmasi soal rekomendasi PKB, Anik mengaku belum fiks. “Iya (rekom belum fiks), intinya nunggu kesanggupan GI (Gus Ipul)” imbuhnya.

Sebelumnya, mencuat kabar Gus Ipul didorong maju di Pilkada Kota Pasuruan. PKB yang mengawali memunculkan nama Gus Ipul. Dalam konstalasi politik, PKB mengaku mulai komunikasi dengan partai Golkar. (bid/tin/lim)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Sabtu, 26 September 2020
26o
Kurs