Jumat, 19 April 2024

Andika Perkasa Calon Panglima TNI Jalani Fit and Proper Test 4 dan 5 November

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI saat berkunjung ke Mabes TNI AD. Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI mengatakan pihaknya segera merespons Surat Presiden (Surpres) tentang Jenderal Andika Perkasa calon Panglima TNI dengan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada 4-5 November 2021. Tes akan dilakukan oleh Komisi I DPR.

“Begitu Surpres diterima hari ini, Badan Musyawarah DPR langsung menggelar rapat dan menjadwalkan fit and proper test calon Panglima TNI besok (Kamis) sampai dengan Jumat,” kata Puan di Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Bamus DPR, kata Puan, juga memutuskan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI akan segera dibawa ke Rapat Paripurna DPR pada 8 November 2021.

“Jadi dalam 5 hari ke depan sudah ada keputusan DPR untuk calon Panglima TNI,” kata Puan.

Sesuai UU TNI, persetujuan DPR RI terhadap calon Panglima yang diusulkan oleh Presiden, disampaikan kepada Presiden paling lambat 20 (dua puluh) hari, tidak termasuk masa reses, terhitung sejak permohonan persetujuan calon Panglima diterima oleh DPR RI.

“Jadi kalau prosesnya bisa lebih cepat, tentu lebih baik,” kata Puan.

Sebelumnya, Pimpinan DPR RI menerima Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal TNI Andhika Prakasa untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki pensiun.

“Panglima TNI nantinya akan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden setelah mendapat persetujuan DPR RI,” jelasnya.

Menurut Puan, Presiden pada suratnya mengusulkan hanya satu nama calon Panglima kepada di DPR Ri untuk mendapatkan persetujuannya.(faz/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs