Kamis, 25 April 2024

Anggota DPRD Fraksi PSI Dorong UMKM dan Warga Surabaya Ramaikan Harbolnas

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Alfian Limardi anggota Komisi B DPRD Surabaya Fraksi PSI. Foto: Istimewa

Alfian Limardi Anggota Komisi B DPRD dari Fraksi PSI Surabaya mendorong UMKM dan masyarakat memanfaatkan subsidi ongkos kirim (ongkir) dari pemerintah selama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Dia ingatkan, selama program Harbolnas pada H-10 dan H-5 Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah/2021, pemerintah menyiapkan dana yang cukup besar, yakni mencapai Rp500 miliar untuk subsidi gratis ongkir.

Alfian menyambut baik pemberian stimulus untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dan menilai program ini akan sangat membantu para pelaku usaha, terutama bidang UMKM.

“Ini kabar baik bagi pelaku usaha yang penjualannya sedang loyo. Pengusaha harus ulet beradaptasi dengan keadaan,” kata Alfian dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (5/5/2021).

Pemasaran secara daring, kata Alfian, perlu dikuasai semua pihak. Terutama pelaku UMKM di Surabaya yang menurutnya sudah mencapai 58 ribu. Dia mengajak semua memanfaatkan program Harbolnas.

Program Harbolnas itu dia harapkan menambah minat konsumen berbelanja di marketplace sehingga volume penjualan juga naik dan pendapatan pelaku usaha meningkat.

“Saat ini hampir 90 persen pengguna internet di Indonesia telah membeli produk online. Harbolnas dapat meringankan beban belanja para pelanggan akun marketplace sehingga dapat meningkatkan daya belinya,” ujarnya.

Alfian juga berharap, Harbolnas mampu menjadi umpan untuk meningkatkan penggunaan marketplace oleh pelaku UMKM di Surabaya.

“Kalau daya beli konsumen meningkat maka pendapatan para pelaku usaha akan mengalami peningkatan dan tentunya akan turut meningkatkan PDRB. Intinya semuanya untung,” kata Alfian.

Dia mengutip data BPS 2020 lalu, yang mana lebih dari 65 persen pelaku usaha memilih media sosial sebagai sarana pemasaran, 25 persen memilih marketplace, dan hanya 5 persen memilih website transaksi.

Menurutnya, semua kanal penjualan seperti yang telah didata oleh BPS Jatim perlu dioptimalkan agar penjualan pelaku UMKM bisa lebih luas jangkauannya.

“Mari para sedulur pelaku UMKM dan warga Kota Surabaya ikut berpartisipasi dalam Harbolnas untuk menggerakkan perekonomian kita, bersama kita bisa”, katanya.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs