Jumat, 29 Maret 2024

Demokrat Melejit, AHY Bakal Bayangi Ganjar di Pilpres 2024

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum Partai Demokrat. Foto: Istimewa

Berdasarkan hasil survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Lembaga Analis dan Konsultan Sosial Politik Indonesia, elektabilitas Partai Demokrat melejit membayangi PDIP.

Tidak hanya melakukan survei elektabilitas parpol, Cisa melalui rangkaian survei “Performa Pemerintah dan Tren Elektoral Terkini” juga melakukan simulasi 15 nama kandidat calon presiden.

Sejalan dengan melejitnya elektabilitas partai politik berlogo mercy itu, elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat juga turut terdongkrak.

Herry Mendrofa Direktur Eksekutif CISA mengatakan, simulasi itu mengacu sejumlah aspek meliputi integritas, kepemimpinan, Kinerja, Inovasi, transparansi, akuntabilitas, popularitas dan kepercayaan publik.

“Jika Pemilihan Presiden dilakukan saat ini, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah unggul dengan 16 persen suara, disusul AHY dengan 14 persen suara, dan Anies Baswedan dengan 13,33 persen di posisi ketiga,” ujarnya.

Herry Mandrofa menyampaikan itu dalam keterangan tertulis pemaparan hasil survei oleh Cisa di Jakarta, yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (10/12/2021).

Sandiaga Uno, dalam simulasi itu, mendapat 6,93 persen suara di posisi keempat. Disusul Airlangga Hartarto dengan 6,25 persen suara, dan Prabowo Subianto sebanyak 6 persen suara di posisi keenam.

“Selanjutnya ada nama Ridwan Kamil dengan 4,67 persen, Puan Maharani 4,58 persen, Andika Perkasa 3,92 persen, La Nyala Matalitti 3,83 persen, Muhaimin Iskandar 3,25 persen, Khofiffah Indar Parawansa 2,83 persen, Erick Thorir 2,83 persen, Salim Segaf Al Jufri 2,25 persen, dan Zulkifli Hasan 1,67 persen. Ada pun responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 7,67 persen,” kata Herry.

Sekadar informasi, survei CISA berlangsung sejak 1-7 Desember 2021 menyasar 1.200 responden di 34 Provinsi secara proporsional lewat penarikan sampel dengan metode Simple Random Sampling.

Hasil survei itu sudah melalui proses recheck dan reconfirm atas 20,5 persen total data responden. Sedangkan Margin of Error survei ini mencapai 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei “Performa Pemerintah dan Tren Elektoral Terkini” itu merupakan review termin keempat atau sesi terakhir survei CISA pada 2021 setelah sebelumnya merilis survei termin ketiga September lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, hasil survei Cisa itu menunjukkan, bila Pemilihan Legislatif (Pileg) dilakukan sekarang, publik masih akan menjatuhkan pilihannya pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

PDIP berada di posisi puncak survei dengan perolehan 24,92 persen, disusul Partai Demokrat di urutan kedua dengan 18,83 persen, serta Partai Golkar yang mendapatkan 13,09 persen di posisi ketiga.

“Hasil survei bulan Mei 2021 lalu, Demokrat hanya meraih 13,22 persen. Artinya dalam kurun waktu 7 bulan, Demokrat mampu menarik perhatian publik dan mengalami kenaikan sebesar 5,11 persen,” kara Herry.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs