Rabu, 24 April 2024

Dianggap Tidak Etik dan Tidak Cakap, MPR Minta Jokowi Mencopot Sri Mulyani

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sri Mulyani Menteri Keuangan. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Fadel Muhammad Wakil Ketua MPR menyatakan pihaknya kecewa dengan Sri Mulyani Indrawati (SMI) Menteri Keuangan yang dinilai tidak memperhatikan kebutuhan anggaran lembaga tersebut. MPR meminta kepada Jokowi Presiden memberhentikan SMI sebagai Menteri Keuangan.

Fadel mengaku berbicara mewakili para pimpinan MPR yang baru melakukan rapat pada hari ini. Rapat itu membicarakan wacana amandemen konstitusi terhadap Pokok-pokok Haluan Negara dan masalah anggaran lembaga.

“Kami di MPR ini kan pimpinannya 10 orang, dulu cuma 4 orang kemudian 10 orang. Anggaran di MPR ini malah turun, turun terus,” kata Fadel, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani Menjelaskan Tiga Tantangan Pemulihan Ekonomi Global

Dia mengaku pihaknya melaksanakan rapat dengan Menteri SMI yang janji setuju sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh MPR akan dilaksanakan 6 kali dalam setahun. Realisasinya cuma empat kali.

Fadel mengeklaim pihaknya lalu menyampaikan kekecewaan itu kepada Joko Widodo Presiden dan Pratikno Mensesneg.

“Bilang ke menteri keuangan, tetapi dia acuhkan. Yang paling berat kecewa kita adalah kita rapat Banggar (Badan Anggaran, red) okelah. Kalau Banggar saya koordinator, kemudian teman-teman ketua banggar dan lain-lain rapat itu dengan dirjen. Pimpinan MPR rapat dengan Menteri Keuangan, kita undang dia, sudah atur waktu semuanya, tiba-tiba dia batalin 2 hari kemudian, atur lagi, dia batalin,” urainya.

“Maka kami, ini atas nama pimpinan MPR Republik Indonesia mengusulkan kepada presiden Republik Indonesia untuk memberhentikan saudari Menteri Keuangan, karena kami anggap Menteri Keuangan tidak etik, tidak cakap dalam mengatur kebijakan pemerintahan kita demi untuk kelanjutan,” tegasnya.

Kata Fadel, MPR adalah sebuah lembaga tinggi negara. Dia mengatakan pihaknya meminta agar mendapatkan perlakuan yang wajar, dibandingkan dengan yang lain-lain.

“Kita juga punya tugas yang lain di masyarakat tetapi teman-teman semuanya tadi bersepakat meminta saya untuk menyampaikan hal ini dan kami pimpinan MPR bertanggung jawab terhadap pernyataan yang saya sampaikan ini. Bapak Bambang juga mengatakan tadi disampaikan Pak Fadel kepada media nanti kita tanggung jawab bersama-sama. Jadi kita merasa kecewa, dengan berbagai sikap,” bebernya.

Lebih jauh, Fadel mengatakan pihaknya memiliki banyak informasi mengenai masalah di antara para menteri lain dengan Menteri SMI.

“Hanya ini kita minta agar Presiden memberhentikan mencopot Menteri Keuangan karena tidak cakap dalam mengatur kebijakan pemerintahan yang ada,” pungkas Fadel.(faz/dfn/ipg)

Baca juga: DPR Pertanyakan Rencana Menkeu Suntik BUMN dengan Dana Cadangan PEN
Baca juga: Ketua MPR Bersama Pimpinan Kementerian/Lembaga Terima DIPA Tahun Anggaran 2022 dari Presiden

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs