Kamis, 28 Maret 2024

Kabul Dikepung Taliban, Presiden Ghani Tinggalkan Afghanistan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Presiden Ashraf Ghani berpidato saat pelantikannya sebagai presiden Afghanistan di Kabul, Afghanistan, Maret 2020. Foto: Dok./Reuters

Ashraf Ghani Presiden Afghanistan telah meninggalkan Kabul saat kelompok gerilyawan Taliban pada Minggu (15/8/2021) memasuki ibu kota negara itu.

Seorang pejabat tinggi Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan Presiden Ghani sudah pergi ke Tajikistan.

Ketika dimintai komentar, kantor kepresidenan mengatakan “tidak bisa mengatakan apa pun menyangkut pergerakan Ashraf Ghani atas alasan keamanan”.

Seorang pejabat tinggi kementerian luar negeri secara terpisah mengatakan bahwa Ghani memang sudah meninggalkan Afghanistan, namun ia mengaku tidak tahu pasti ke mana sang presiden pergi.

Sementara itu, Abdullah Abdullah kepala lembaga perdamaian Afghanistan tidak lagi menganggap Ghani sebagai presiden Afghanistan.

Dalam pesan melalui video, Minggu, Abdullah menggambarkan Ghani sebagai mantan presiden.

Beberapa jam setelah kelompok Taliban memasuki Kabul, Abdullah mengeluarkan pernyataan yang menyalahkan Ghani atas situasi yang berlangsung saat ini di Afghanistan.

Perwakilan Taliban, sementara itu, mengatakan kelompok tersebut sedang memeriksa keberadaan Presiden Ghani.

Menurut seorang pejabat tinggi kementerian dalam negeri kepada Reuters, petempur-petempur Taliban sedang memasuki ibu kota dari semua sudut.

Zabihullah Mujahid Juru bicara Taliban mengatakan kelompoknya bersiaga di daerah-daerah pinggir kota dan sedang berbicara dengan pemerintah Afghanistan untuk meminta pemerintah menyerah secara damai.

“Para petempur Taliban sedang bersiaga di semua pintu masuk Kabul sampai peralihan kekuasaan secara damai dan memuaskan disetujui,” katanya.

Para perwakilan Taliban dan pemerintah Afghanistan sebelumnya dijadwalkan melakukan pertemuan di Qatar pada Minggu, kata Fawzi Koofi anggota tim perunding pemerintah, .(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs