Senin, 4 Juli 2022

Kebijakan Fiskal 2022 Fokus untuk Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI. Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI menegaskan, dalam pelaksanaan fungsi anggaran sesuai siklus dan mekanisme APBN, pembahasan dan penetapan RUU APBN 2022 menjadi UU APBN 2022 telah selesai dilaksanakan. Puan menyatakan, kebijakan fiskal tahun 2022 mendatang sebagaimana kesepakatan DPR dan pemerintah akan dijalankan secara antisipatif dan responsif dengan tetap fokus pada penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi dan sosial yang dilakukan secara simultan melalui upaya reformasi struktural.

Hal ini disampaikan Puan saat membacakan Pidato Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 dalam Rapat Paripurna, Senin (1/11/2021).

“Pemerintah akan segera menerbitkan Peraturan Presiden mengenai rincian APBN yang berisikan rincian program, kegiatan, keluaran (output), serta rincian jenis belanja dan Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah. Rincian APBN tersebut dapat menjadi landasan dalam fungsi pengawasan DPR RI di bidang anggaran, apakah program, kegiatan, dan belanja negara telah meningkatkan kualitas kesejahteraan rakyat,” jelas Puan.

Dia menjelaskan, sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah diharapkan untuk terus mencermati dinamika perekonomian, perkembangan penanganan Covid-19 serta langkah-langkah pemulihan ekonomi dan sosial. Tujuannya, lanjut Puan, agar kebijakan yang dijalankan dapat tepat sasaran dan memberikan manfaat yang efektif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

Kata Puan, DPR RI melalui komisi-komisi terkait akan terus melakukan pengawasan pelaksanaan kebijakan APBN Tahun 2022 agar berjalan dengan baik.

“Mendorong Pemerintah untuk melakukan pengelolaan fiskal ke arah yang lebih sehat, berdaya tahan, dan mampu menjaga stabilitas perekonomian ke depan yang disertai dengan reformasi APBN yang efektif,” jelasnya.

Selain itu, Puan juga mengapresiasi keberhasilan tim bulu tangkis putra Indonesia pada Piala Thomas 2020 yang digelar pada tahun 2021. Hal tersebut menjadi momentum untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis Indonesia. DPR juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Provinsi Papua yang telah sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua serta apresiasi kepada kontingen Provinsi Jawa Barat yang telah berhasil menjadi Juara Umum dalam PON XX.(faz/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 4 Juli 2022
28o
Kurs