Rabu, 24 April 2024

NasDem Jatim Luncurkan Lima Ambulans Covid-19 Gratis

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
NasDem Jatim luncurkan lima ambulans gratis dari kantor DPD NasDem Jatim di Surabaya, Jumat (6/8/2021). Foto: Istimewa

DPW Partai NasDem Jatim meluncurkan layanan fasilitas mobil ambulans secara gratis untuk meringankan beban masyarakat, sekaligus membantu pemerintah dalam menangani Covid-19.

Mobil-mobil ambulans itu sengaja dikhususkan untuk menjemput dan mengantarkan pasien atau jenazah terkonfirmasi Covid-19.

“Bukan kami tidak mau melayani yang non-Covid, tapi ambulans untuk pasien Covid memang tidak bisa dicampur dengan non-Covid. Kami utamakan yang Covid dulu. Mudah-mudahan ke depan kami bisa melayani semua,” kata Sri Sajekti Jeanette Ketua Ketua DPW NasDem Jatim, Jumat (6/8/2021).

Ada lima mobil ambulans yang disediakan oleh Partai Nasdem Jatim. Di antaranya tiga mobil ambulans untuk pasien Covid-19 untuk Sidoarjo, Bangkalan, dan Gresik. Sedangkan dua mobil jenazah disiagakan di Surabaya.

Dipilihnya daerah itu, selain bisa tersebar di beberapa wilayah, juga dekat dengan Kota Surabaya, yang notabene menjadi pusat penanganan Covid-19 di Jawa Timur.

“Misalnya, kalau ada pasien rujukan tujuannya pasti ke Rumah Sakit Dr Soetomo dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya. Nah, itu yang menjadi pertimbangan kami,” kata perempuan yang akrab disapa Janet itu.

Begitu pun sebaliknya, ketika ada pasien rujukan yang meninggal di Surabaya. Warsito Ketua Gugus Tugas Covid-19 Partai NasDem Jatim mengatakan, mobil ambulans itu siap mengantar jenazah ke daerah asal tanpa ada biaya apa pun.

“Karena ini gratis, maka keluarga pasien tidak perlu bayar uang bensin atau uang masuk tol. Semuanya gratis dan tidak perlu sungkan, karena ini tanggung jawab sosial kami. Sebab, sebelum diterjunkan, para kader yang bertugas sudah kami beri pembekalan, mulai dari visi dan misi, serta niat mereka jadi sukarelawan. Jadi, mereka akan sangat berbahagia untuk menolong,” ujarnya.

Dalam misi kemanusiaan itu, Janet melanjutkan, Partai Nasdem Jatim memang tidak hanya sekedar memberikan fasilitas mobil ambulans saja. Tetapi juga menyiapkan tim tenaga kesehatan terlatih.

Partai Nasdem Jatim telah melibatkan 20 kadernya untuk dilatih secara khusus oleh tim Satgas Covid-19 dari RS Dr Soetomo Surabaya dalam menangani pasien Covid-19 sesuai standar protokol Covid-19.

Warga yang membutuhkan layanan mobil ambulans bisa langsung menghubungi call center Partai Nasdem.

“Di call center Partai Nasdem sudah ada operator yang memastikan apakah masih ada mobil ambulans yang beroperasi atau tidak. Nantinya operator akan memberikan kepastian, sebab di tim kami juga ada 5 orang yang khusus memantau pergerakan mobil ambulans itu,” kata Janet.

Dia juga menjelaskan, fasilitas mobil ambulans gratis ini rencananya akan beroperasi selama tiga bulan. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi ulang. Jika kasus Covid-19 melandai, maka mobil ambulans itu tidak lagi dioperasikan.

“Tetapi kalau kasusnya masih meningkat, ya, tetap akan dipakai sesuai evaluasi. Yang jelas kami berharap agar kasus Covid-19 ini bisa cepat selesai,” ujar Janet.

Apa yang dilakukan Partai Nasdem Jatim ini selaras dengan apa yang dikatakan oleh Surya Paloh Ketua Umum Partai Nasdem. Bahwa kerja politik tidak boleh lepas dari sisi kemanusiaan.

“Jadi analoginya, untuk kebaikan, lakukanlah apa yang bisa dilakukan biarpun hanya sebutir pasir. Siapa tahu langkah kecil ini menjadi inspirasi bagi yang lain untuk saling tolong menolong,” ujarnya.

Berikut nomer call center Partai Nasdem meliputi wilayahnya.
Surabaya : 08184211919
Bangkalan : 081215671919
Gresik : 082296261919
Sidoarjo : 081228601919.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs