Jumat, 29 Maret 2024

PDIP Surabaya: Nyepi Momentum Menyucikan Jiwa dan Raga

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Adi Sutarwijono Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya. Foto: Dok/suarasurabaya.net

DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menyambut bahagia dan menyampaikan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943 bagi seluruh umat Hindu, khususnya yang bermukim di Kota Pahlawan.

Rahajeng nyanggra rahina Nyepi caka 1943. Selamat Hari Raya Nyepi 2021, Tahun Baru Saka 1943 bagi seluruh umat Hindu. Selamat menjalankan Catur Brata Penyepian,” kata Adi Sutarwijono Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Minggu (15/3/2021).

“Semoga kita semua senantiasa mendapatkan karunia kesehatan, kekuatan, dan kesejahteraan di masa pandemi Covid-19 saat ini,” lanjut Adi yang juga Ketua DPRD Surabaya.

Adi mengatakan, Hari Raya Nyepi dirayakan dengan Catur Brata Penyepian selama 24 jam. Yaitu dengan amati geni (tidak menyalakan api atau listrik), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

“Dalam kesunyian, dalam keheningan, ini momentum tepat untuk introspeksi diri dan menyucikan jiwa dan raga manusia. Semoga lancar menjalankan Catur Brata sehingga dapat mengembalikan jiwa yang bersih dan suci, untuk kedamaian hati,” ujar Adi.

Di masa pandemi, papar Adi, sangatlah tepat jika setiap umat manusia berkontemplasi untuk menghadirkan jiwa baru yang lebih peduli, baik itu peduli kepada gaya hidup sehat, peduli kepada lingkungan, maupun peduli kepada sesama. “Spirit itu pula yang melambari umat Hindu dalam merayakan Nyepi,” ujarnya.

Adi menambahkan, dengan proses vaksinasi yang sedang berjalan saat ini, ada harapan besar agar pandemi segera berlalu. Sehingga kehidupan sosial-ekonomi masyarakat pun kembali pulih.

“Semoga di hari-hari mendatang, kita bisa memasuki babak baru yang lebih baik. Dan, aktivitas keagamaan juga pulih dan semarak,” ujarnya.

“PDI Perjuangan Surabaya berkomitmen menjaga kota ini sebagai rumah besar yang ramah bagi semua. Sekali lagi, selamat Hari Raya Nyepi untuk sahabat-sahabat umat Hindu,” kata Adi. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs