Jumat, 19 April 2024

Pengamat: Sinergi THRE3 MAS KADA Bukan Sekadar Pertemukan Pemikiran

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tiga kepala daerah terpilih Surabaya Raya. (Dari kiri) Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) Bupati Sidoarjo, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) Bupati Gresik. Foto: suarasurabaya.net

Hotman Siahaan Pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya, menilai sinergi THRE3 MAS KADA atau tiga keala daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik masih berpotensi terbatasi sistem regulasi kewilayahan.

“Di usia millenial kemungkinan pikiran-pikiran tiga kepala daerah itu bisa diketemukan. Tapi sistem Undang-Undang kita masih membatasi sinergitas mereka,” ujar Hotman Siahaan kepada Radio Suara Surabaya, Senin (8/3/20021).

Menurut Hotman, sekarang bagaimana ada koridor hukum yang bisa mempertemukan ketiganya. Hal ini butuh keseriusan pemikiran dan perangkat Undang-Undang. Sebab, ada beberapa wilayah yang masuk perbatasan antar daerah itu masih sering jadi perdebatan.

“Mereka akan bekerja langsung di sektor layanan publik. Jangan sampai ada yang saling menyalahkan. Misalnya, Kali Lamong yang sering meluap, siapa yang bertanggungjawab. Begitu juga antara Surabaya dan Sidoarjo yang harus dicarikan solusinya agar terpecahkan problemnya. Misalnya lagi, terminal Bungurasih, belum lagi ada DPRD di masing-masing,” katanya.

Hotman bilang, sinergitas ini perlu kerja nyata yang tidak saling merugikan antara tiga daerah itu. Apa saja yang menjadi masalah kepentingan publik, ini harus dipecahkan segera.

“Belum lagi tentang penduduk Sidoarjo yang kerja di Surabaya dan Gresik dan juga sebaliknya. Dialog yang dilakukan ketiga kepala daerah juga harus melibatkan anggota DPRD. Karena menyangkut anggaran, masalah infrastruktur jalan dan sebagainya juga harus dipecahkan,” katanya.

Sebelumnya, Arif Fathoni Anggota Komisi A DPRD Surabaya mengaku optimis, upaya sinergitas yang dilakukan tiga Kepala Daerah di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik dapat menghilangkan ego sektoral yang selama ini terjadi.

Arif melihat, pertemuan antara Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo, dan Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik beberapa waktu lalu dapat mewujudkan pembangunan di tiga daerah dan terkoneksi dengan baik.

Sekadar diketahui, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo, dan Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik akan duduk satu forum di Suara Surabaya Media.

Dengar dan saksikan mereka secara langsung dalam program Collabo Leaders, THRE3 MAS KADA di Radio Suara Surabaya dan semua kanal media sosial Suara Surabaya Media, Senin (5/3/2021) pukul 13.15 WIB.

Diskusi bertema “Sinergi 3 Kepala Daerah Mengawal Transformasi” itu disiarkan langsung di Radio Suara Surabaya dan lima kanal media, yakni Instagram Suara Surabaya Media, Facebook e100, Youtube Suara Surabaya Media, suarasurabaya.net dan Suara Surabaya Mobile App.(bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs