Jumat, 19 April 2024

Pertemuan PDIP dan Gerindra Tak Bahas 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Silaturahmi jajaran dewan pimpinan pusat PDIP dan Partai Gerindra, Selasa (24/8/2021). Foto: Istimewa

PDI Perjuangan (PDIP) dan Gerindra sama-sama sepakat untuk tidak membicarakan soal pemilu 2024 dalam pertemuan keduanya, hari ini. Sebab ada masanya untuk membicarakan hal itu, dan yang penting saat ini adalah soal penanganan pandemi.

Hal itu disampaikan Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP dan Ahmad Muzani Sekjen Gerindra ketika menjawab pertanyaan wartawan, usai pertemuan kedua partai yang dilaksanakan tertutup.

“Untuk pemilu 2024, kalau dari aspek ideologi kita sama-sama punya komitmen terhadap Pancasila. Nanti setelah pandemi ini bisa kita lewati bersama-sama, ada momentumnya, ada waktunya untuk membahas hal-hal tersebut. Karena skala prioritas adalah kepentingan rakyat, keselamatan bangsa dan negara,” kata Hasto.

Muzani mengatakan saat ini pihaknya dan PDIP memilih untuk membahas hal yang strategis, bukan terkait kepentingan politik. Maka dari itu yang dibahas adalah kesepakatan mengenai Pancasila sebagai ideologi negara yang harus dijaga serta dilaksanakan.

Dan yang kedua, PDIP dan Gerindra bicara tentang perlunya dukungan kepada pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Sebab situasi saat ini sangat tidak mudah. Sehingga posisi Pemerintah perlu dikuatkan, minimal di Parlemen.

“Perlu ada penguatan pemerintah, minimal yang kita miliki adalah kekuatan politik di DPR. Itu yang akan kita berikan terus-menerus kepada pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 ini,” jelas Muzani.

“Kami tidak bicara yang lain (pemilu 2024, red) karena menurut kami keselamatan rakyat, keselamatan negara di atas segala-galanya. Dan keselamatan kita semua, harus terus menjadi negara yang kuat bersatu. Itu sebabnya kami berdua hanya bicara masalah pandemi Covid ini, karena menurut kami ini adalah hal yang paling vital,” pungkas Muzani.

Kedua pihak bertemu di kantor pusat DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/8/2021). Jajaran DPP PDIP dipimpin Hasto, bersama jajaran pimpinan partai. Yakni Komarudin Watubun, Yasonna Laoly, Utut Adianto, Eriko Sotarduga, Ahmad Basarah, Djarot Saiful Hidayat, Sri Rahayu, Bambang Wuryanto, Sadarestuwati, dan Nusyirwan Soedjono.

Sementara Sekjen Gerindra Ahmad Muzani datang bersama 9 orang jajaran pimpinan di DPP Gerindra. Di antaranya adalah Prasetio Hadi, Puti Sari, Susi Marleni, Andre Rosiade, dan Moreno Soeprapto.(faz/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs