Rabu, 24 April 2024

Pimpinan Partai Demokrat Sebut Ada Dana Tidak Terbatas untuk Melengserkan AHY

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Herman Khaeron Ketua Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat memberikan keterangan di Ruang Fraksi Demokrat, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). Foto: Farid suarasurabaya.net

Mahkamah Partai dan Dewan Kehormatan Partai Demokrat masih melakukan pemeriksaan internal terkait isu gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai.

Herman Khaeron Ketua Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat mengatakan, dari pemeriksaan yang sudah berlangsung, diketahui ada dana tidak terbatas (unlimited) untuk melengserkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurut Herman, beberapa dari total 514 pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat sudah mendapatkan dana untuk memulai gerakan.

“Ada dana yang unlimited. Berdasarkan keterangan saksi-saksi, lanjut Herman, pihak eksternal yang mendukung gerakan kudeta menjanjikan imbalan Rp100 juta per ketua DPC Partai Demokrat,” ujarnya di Ruang Fraksi Demokrat, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Teknisnya, Rp25-30 juta dibayarkan waktu menandatangani dukungan untuk merebut Partai Demokrat lewat kongres luar biasa (KLB). Sisanya dibayar sesudah KLB selesai.

Kata Herman Khaeron, pihak eksternal yang menjadi sponsor kudeta berniat menggunakan Partai Demokrat sebagai kendaraan untuk Pemilihan Presiden tahun 2024.

Sekadar informasi, dalam keterangan pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (1/2/2021), AHY Ketua Umum Partai Demokrat menyebut ada pihak yang berupaya melakukan kudeta terhadap kepemimpinannya.

AHY menegaskan, berdasarkan kesaksian sejumlah pihak, gerakan tersebut melibatkan pejabat fungsional di dalam lingkaran Joko Widodo Presiden.

Bahkan, AHY menyebut gerakan itu sudah mendapat dukungan dari sejumlah Menteri dan pejabat penting di Pemerintahan.

Terkait informasi tersebut, AHY mengirimkan surat resmi kepada Presiden untuk mendapatkan konfirmasi dan klarifikasi.(rid/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs