Sabtu, 27 April 2024

Survei SSC: Prabowo, Risma, Ganjar, Capres Favorit Millenials Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah dan Tri Rismaharini Menteri Sosial saat mencoba pijatan dari terapis disabilitas di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung, Jumat (5/3/2021). Foto: Istimewa

Hasil survei Surabaya Survei Center (SSC), ada tiga tokoh yang jadi favorit milenials untuk calon presiden. Antara lain Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Tri Rismaharini Menteri Sosial, dan Ganjar Pranowo Gubernur Jateng.

“Prabowo, Risma, dan Ganjar bersaing ketat baik di survey top of mind maupun elektabilitas yang menyasar responden dari kalangan millennials,” kata Edy Marzuki Direktur Riset SSC dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/4/2021).

Pada survey top of mind, kata Edy, Prabowo memuncaki hasil dengan capaian 8,9 persen. Disusul kemudian oleh Risma dan Ganjar yang masing-masing meraih 7,8 persen dan 5 persen.

Sementara, nama-nama lain yang muncul seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Mahfud MD, dalam survei itu hanya mendapatkan perolehan di bawah 3 persen.

“Kalau untuk survei elektabilitas, Risma ada di puncak dengan 15 persen. Disusul Prabowo dan Ganjar yang masing-masing 10,8 persen dan 9,9 persen,” katanya.

SSC melakukan survei ini sejak 5-25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/Kota di Jatim, melibatkan 1.070 responden dengan stratified multistage random sampling. Margin of error riset itu diklaim kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaannya sebesar 95 persen.

Edy Marzuki sebagai Direktur Riset SSC bilang, masih ada ceruk yang terbuka lebar di kalangan milenilals berkaitan bursa capres.

“Di survey top of mind, 67,6 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Untuk survey elektabilitas, 41,4 persen memilih tidak menjawab. Ini ceruk yang sangat potensial mengingat Pilpres masih di tahun 2024,” ujarnya.(den/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs