Rabu, 1 Februari 2023

ASEAN pada Dasarnya Setuju Mengakui Timor Leste sebagai Anggota Ke-11

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Joko Widodo Presiden berfoto bersama para pemimpin ASEAN dan Republik Korea pada KTT ASEAN - RoK ke-23 di Hotel Sokha, Phnom Penh, Jumat, 11 November 2022. Foto: BPMI Setpres

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada dasarnya setuju untuk mengakui Timor Timur sebagai anggota ke-11 blok tersebut, demikian pernyataan ASEAN pada Jumat.

Negara yang sebagian pulau itu, dengan nama resmi Timor Leste, juga akan diberikan status pemantau pada pertemuan tingkat tinggi ASEAN, katanya setelah para pemimpin regional bertemu di KTT Phnom Penh.

“Kami…pada dasarnya setuju untuk mengakui Timor Leste untuk menjadi anggota ke-11 ASEAN. Langkah selanjutnya akan mencakup ‘peta jalan keanggotaan penuh’ yang bakal diajukan pada KTT tahun mendatang,” tulis pernyataan itu seperti dikutip Antara dari Reuters.

Warga Timor Timur memilih merdeka dari Indonesia lewat referendum 1999 yang diawasi PBB. Negara tersebut resmi diakui oleh PBB pada 2002, sehingga menjadikannya negara demokrasi termuda di Asia.

Negara yang kaya sumber daya dengan 1,3 juta penduduk itu langsung memulai proses aksesi ke ASEAN, namun baru secara resmi mengajukan keanggotaan pada 2011.(ant/iss)

Berita Terkait