Jumat, 29 Maret 2024

DPRD Ingatkan Soal Mekanisme Pengisian Sekda, Eri Pastikan Akan Mematuhi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Sabtu (22/10/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Reni Astuti Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya mengingatkan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya soal mekanisme pengisian jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) yang saat ini kosong. Reni berharap Eri bisa menjalankannya sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

“(Pengisian Sekda) semestinya ada open bidding. Sama dengan pengangkatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Eselon II, ada open bidding. Ada panitia seleksi (pansel) dipilih, dan ada tahapan. Persetujuan gubernur. SK-nya dari gubernur,” kata Reni ditemui suarasurabaya.net di ruangannya, Jumat (21/10/2022).

Sebelumnya, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengaku sudah menyodorkan tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) ke Gubernur Jawa Timur.

Reni sempat mendengar nama-nama tersebut. Menurutnya ada Lilik Arijanto Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga(DSDABM), dan Ikhsan Kepala Inspektorat, serta Rachmad Basari Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“Siapa saja, kita berharap itu yang memiliki, yang jelas problem solving, soft skills, integritas jelas. Tapi bagaimana pun kan nanti tahapan itu tetap dilaksanakan,” terangnya.

Harapannya, pejabat definitif Sekda itu sudah ada di awal tahun 2023.

“Hapannya sih, di awal tahun 2023 sudah ada Sekda definitif. Lebih awal lebih bagus, jangan melebihi. Kita perlu deifnitif, kalau Sekda definitif maka jabatan lain juga akan definitif. 2023 itu kita ibaratnya gigi 4 atau 5 jadi membutuhkan tatanan struktur dan SDM yang sudah lengkap semuanya, sudah definitif. Ekosistemnya kan sudah pascapandemi lah bahasanya,” tutup Reni.

Sementara itu Eri Cahyadi memastikan, nama yang ia sodorkan adalah terkait jabatan Plt Sekda.

“Kita plt. jadi nanti plh. yang kita sampaikan, setelah itu, setelah 7 hari maksimal ada plt. nya,” katanya Sabtu (22/10/2022).

Sementara untuk pejabat definitif, ia memastikan akan menjalankan sesuai mekanisme yang berlaku, yakni seleksi secara terbuka.

“Harus (sesuai mekanisme). Kalau definitif itu kan posisinya harus ada open biddingnya,” tegasnya.

Untuk mengisi kekosongan saat ini, Eri Cahyadi menunjuk Erna Purnawati Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat sebagai pelaksana harian (plh.) mulai Jumat (14/10/2022).

Hendro Gunawan yang menjabat sebagai Sekda Surabaya sejak 2013 diganti. Dia masuk salah satu dari total 320 pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang dirotasi pada Rabu (12/10/2022). (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs