Sabtu, 20 Agustus 2022

Jokowi Agendakan Pertemuan dengan Presiden Rusia dan Ukraina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan pers secara daring, Jumat (29/4/2022). Foto: Biro Setpress

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Republik Indonesia mengatakan, Joko Widodo Presiden berencana melakukan pertemuan dengan Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina, dan Vladimir Putin Presiden Rusia.

Pertemuan itu dijadwalkan berlangsung sesudah Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7, tanggal 26-27 Juni 2022, di Jerman.

Menurut Retno, pertemuan dengan Zelensky bertempat di Kota Kiev, Ukraina. Sedangkan pertemuan dengan Putin di Kota Moskow, Rusia.

Dia menjelaskan, rencana lawatan ke negara tersebut di luar situasi normal, karena Rusia dan Ukraina tengah terlibat perang bersenjata.

“Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke negara tersebut merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal,” ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (22/6/2022).

Presiden, lanjut Menlu, siap melakukan kunjungan ke negara yang sedang perang untuk menunjukkan kepedulian Indonesia terhadap isu kemanusiaan, memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan imbas perang, dan mengupayakan perdamaian.

Kalau rencana itu terwujud, Jokowi tercatat sebagai presiden negara Asia pertama yang berkunjung ke Rusia dan Ukraina di masa perang.

Seperti diketahui, serangan Militer Rusia berlangsung mulai hari Kamis (24/2/2022), sesudah Vladimir Putin Presiden Rusia memerintahkan operasi militer khusus.

Walau sempat ada pembicaraan antara perwakilan kedua negara, Tentara Rusia sampai sekarang masih melakukan serangan ke sejumlah wilayah Ukraina.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
29o
Kurs