Jumat, 9 Desember 2022

Kemendagri Sudah Serahkan Nama-nama Calon Penjabat Gubenur DKI Jakarta kepada Presiden

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Heru Budi Hartono Kasetpres memberikan keterangan terkait persiapan rangkaian acara kenegaraan menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia, Kamis (6/8/2020), di Kantor Presiden, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menyerahkan daftar nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta kepada Joko Widodo Presiden.

Benny Irwan Kepala Pusat Penerangan Kemendagri mengatakan, dalam daftar itu ada tiga nama calon yang sebelumnya dibahas di internal Kemendagri bersama pejabat eselon I kementerian/lembaga lain.

Ketiga nama calon Pj Gubernur Jakarta adalah Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, Marullah Matali Sekretaris Daerah DKI Jakarta, dan Bahtiar Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

“Nama calonnya tetap tiga, karena kami melihat itu sudah cukup representatif,” ujarnya di Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Ketiga nama tersebut merupakan usulan DPRD DKI yang disepakati dalam rapat pimpinan gabungan, hari Selasa (13/9/2022), di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Selanjutnya, Kemendagri melakukan verifikasi tiga nama kandidat Pj Gubernur Jakarta.

Nantinya, nama-nama calon Pj Gubernur DKI akan dibahas dalam sidang tim penilai akhir yang dipimpin Jokowi Presiden bersama kementerian/lembaga terkait.

Presiden berwenang memutuskan satu dari tiga calon untuk menggantikan Anies Baswedan sementara waktu sampai Pemilu 2024.(rid./ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
30o
Kurs