Jumat, 19 April 2024

Ketua DPR RI Ajak Kaum Muda Jadi Agen Pembangunan Lewat Jalur Politik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Di Forum Y20 Summit,

Puan Maharani Ketua DPR RI, hari ini, Minggu (17/7/2022), menghadiri networking night dalam rangkaian Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 Summit.

Dalam forum dialog dan diskusi khusus para pemuda negara-negara G20 itu, Puan mengajak kaum muda dunia lebih banyak terlibat di bidang politik.

“Sangat menyenangkan bagi saya untuk berpidato di KTT Y20 malam ini. Sangat menarik untuk dicatat, lebih dari setengah populasi dunia saat ini adalah pemuda di bawah usia 30 tahun,” ujarnya di Jakarta, Minggu (17/7/2022).

KTT Y20 digelar generasi muda G20 untuk membahas isu-isu global, dari working group hingga menghasilkan poin-poin penting yang nantinya direkomendasikan kepada para pemimpin G20.

Pada kesempatan itu, Puan menyorot data dari PBB yang menyebut jumlah pemuda diproyeksikan tumbuh sekitar 7 persen tahun 2030 dengan jumlah mencapai hampir 1,3 miliar.

“Terlepas dari proporsi yang tinggi, kaum muda cenderung kurang terwakili dalam proses pengambilan keputusan politik karena cuma 2,6 persen anggota parlemen dunia dari kalangan kaum muda di bawah 30 tahun,” imbuhnya.

Menurut Puan, pelibatam kaum muda adalah kunci untuk mempromosikan dan memperkuat demokrasi di seluruh dunia. Selain itu juga untuk memajukan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Kaum muda adalah mesin pembangunan ekonomi masa depan. Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan. Pemuda diharapkan dapat menghadirkan ide-ide baru untuk memecahkan masalah gobal,” katanya.

Michael Sianipar yang mewakili Co-chair Y20 Indonesia mengungkapkan, Y20 sudah berjalan selama 10 tahun dan baru kali ini disambut langsung Ketua DPR.

“Suatu kehormatan bagi dan pemuda seluruh dunia, disambut langsung oleh Ketua DPR RI, dan itu menunjukkan kekuatan demokrasi Indonesia,” ucap Michael.

Rencanaya perwakilan Y20 Indonesia akan diterima Pimpinan DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Hadir dalam acara networking night 59 orang yang mewakili 17 negara delegasi Y20. Kemudian, juga ada perwakilan dari organisasi dunia WTO, ADB, dan ASEAN.

Selain itu, hadir beberapa Anggota DPR RI, lima Co-chair Y20 Indonesia yaitu Michael Victor Sianipar, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Budy Sugandi, Indra Dwi Prasetyo, dan Nurul Hidayatul Ummah.

Puncak acara KTT Y20 akan digelar di Jakarta dan Bandung tanggal 17 hingga 24 Juli 2022. Ada empat isu prioritas yang akan dibahas yaitu transformasi digital, ketenagkerjaan pemuda, keragaman dan inklusi, serta keberlanjutan planet dan layak huni.

KTT Y20 merupakan salah satu rangkaian dari KTT G20 yang akan berlangsung di Bali tanggal 14-15 November mendatang.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs