Jumat, 29 Maret 2024

KPU Jatim Kumpulkan Parpol untuk Sosialisasi Jelang Pendaftaran Peserta Pemilu

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sosialisasi KPU Jatim, guna membahas pendaftaran pemilu 2024. Foto: jatim.kpu.go.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim mengundang parpol Calon Peserta Pemilu untuk mengikuti Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD Tahun 2024.

Choirul Anam Ketua KPU Jatim mengungkapkan, kegiatan Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD Tahun 2024 melalui undangan terbuka di website dan semua platform media sosial resmi KPU Jatim.

“Undangan terbuka kami sampaikan, karena KPU Jatim belum memiliki nomor kontak yang bisa dihubungi serta alamat parpol baru. Kecuali parpol yang sudah pernah melakukan audiensi ke KPU Jatim,” ungkap Choirul Anam, Kamis (28/7/2022).

Ia menuturkan, berdasarkan daftar hadir, yang mengikuti Sosialisasi kali ini ada sekitar 20 parpol. Di antaranya Golkar, Hanura, Partai Bulan Bintang, Demokrat, Nasdem, PDI Perjuangan, PSI, PKS, Partai Ummat, Partai Gelombang Rakyat Indonesia.

Insan Qoriawan, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim mengatakan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 ini untuk mengatur peserta pemilu yang berasal dari parpol. Sedangkan untuk peserta Pemilu dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan diatur oleh PKPU yang lain.

“Berbeda dengan proses pendaftaran parpol calon peserta pemilu pada Pemilu Tahun 2019, lokus pendaftaran Pemilu Tahun 2024 ada di tingkat pusat oleh parpol tingkat pusat serta semua berkasnya diunggah melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sehingga KPU tidak ada berkas dalam bentuk hardcopy,” tegas Insan.

Seperti diketahui, KPU membuka pendaftaran partai politik yang akan berkontestasi di ajang Pemilu 2024 pada bulan Agustus. Pendaftaran akan dimulai pada 1-14 Agustus 2022 pada pukul 08.00-16.00 WIB dan terkhusus 14 Agustus 2022 pukul 08.00-24.00 WIB, terpusat di KPU RI yang mana data diunggah ke Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) dan dokumen persyaratan dibawa ke KPU RI.(des/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs