Rabu, 22 Maret 2023

Menhan AS dan Rusia Gelar Pembicaraan Via Telepon

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Foto kombinasi Sergei Shoigu Menteri Pertahanan Rusia (kiri) dan Lloyd Austin Menteri Pertahanan Amerika Serikat. Foto: Antara

Lloyd Austin Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) dan Sergei Shoigu Menteri Pertahanan Rusia dikabarkan menjalin kontak pada Jumat (13/5/2022). Komunikasi via telepon tersebut, menandai pembicaraan pertama keduanya sejak Rusia melancarkan operasi militer khusus di Ukraina.

John Kirby Sekretaris Pers Pentagon dalam pernyataan singkatnya mengatakan, menyusul pembicaraan itu Austin mendesak adanya gencatan senjata. “Austin mendesak agar gencatan senjata segera dilakukan di Ukraina dan menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi,” ujarnya, seperti dilansir Antara dari CNN.

Kirby mengatakan, Austin dan Shoigu terakhir kali berkomunikasi pada 18 Februari lalu, sebelum invasi atas Ukraina terjadi.

Selain itu, Mark Milley Ketua Kepala Staf Gabungan AS rencananya juga akan menghubungi Valery Gerasimov Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, untuk meminta dilakukannya pembicaraan via telepon, menurut laporan yang mengutip seorang pejabat di bidang pertahanan AS. Keduanya terakhir kali berkomunikasi pada 11 Februari lalu.

Dalam pernyataan singkat yang dirilis pada Jumat, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Shoigu dan Austin, membahas isu-isu aktual terkait keamanan internasional, termasuk situasi di Ukraina. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Layang Waru di Pagi Hari

Truk Tebu Terguling di Sumber Waras Lawang

Jagain Truk di Tengah Jalan

Mogok Berjemaah

Surabaya
Rabu, 22 Maret 2023
30o
Kurs