Jumat, 29 Maret 2024

Namanya Muncul di Spanduk Dukungan Pilpres, Firli Bahuri Akui Sama Sekali Tidak Tahu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Firli Bahuri Ketua KPK. Foto: Antara

Firli Bahuri Ketua KPK menegaskan tak terlibat dengan kemunculan spanduk dukungan untuknya maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

“Sesungguhnya sekali lagi, saya ingin menegaskan bahwa spanduk itu sama sekali saya tidak tahu dan tidak ada inisiatif apa pun yang datang dari saya dan saya tidak memahami bagaimana ia (spanduk dukungan capres) bisa muncul,” kata dia, dalam akun Twitter pribadinya @firlibahuri, sebagaimana dipantau Antara, Minggu (29/5/2022).


Ia pun menegaskan, sebagai aparat penegak hukum tidak bersinggungan dengan persoalan politik, dan segala hal yang terjadi di KPK merupakan proses hukum yang tidak melibatkan unsur politik.

“Percayalah para sahabat, semua yang terjadi di KPK adalah proses hukum dan tidak ada kejadian politik,” kata dia.

Sebelumnya, pensiunan komisaris jenderal polisi itu pada Jumat (27/5/2022) telah menegaskan jika hanya ingin fokus kerja dalam pemberantasan korupsi.

“Saya fokus kerja untuk memberantas korupsi dan saya akan selesaikan tugas saya selaku Ketua KPK sampai tuntas akhir 2023. Saya hanya ingin Indonesia bebas dari korupsi,” ujar dia.

Pada sisi lain, Ali Fikri Plt. Juru Bicara KPK, memastikan bahwa pemasangan spanduk itu bukan bagian program KPK. Menurut dia, kegiatan sosialisasi dan kampanye yang KPK lakukan fokus pada upaya untuk membangun kesadaran masyarakat hingga mewujudkan budaya antikorupsi.

“Isu politik, khususnya pemilihan presiden-wakil presiden pada 2024, terus mengemuka. Kami berharap isu ini tidak mengganggu fokus kerja pemberantasan korupsi yang menjadi komitmen KPK,” kata dia.

Beberapa spanduk yang mendukung Bahuri untuk maju pada Pilpres 2024 ditemukan di sejumlah wilayah, di antaranya di Banten. Spanduk yang disertai wajah dia itu memuat tulisan “Masyarakat Banten Mendesak Tokoh Anti Korupsi Maju di Pilpres 2024” dan tagar “DukungIndonesiaBersih”. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs