Kamis, 8 Desember 2022

Partai NasDem Resmi Usung Anies Rasyid Baswedan Jadi Capres 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Surya Paloh Ketua Umum Partai NasDem saat mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres 2024, Senin (3/10/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden RI 2024.

Deklarasi ini berlangsung di kantor DPP, NasDem Tower, Jalan R.P. Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Surya Paloh Ketua Umum Partai NasDem beserta fungsionaris partai hadir dalam acara ini, termasuk Anies Rasyid Baswedan.

Dalam sambutannya, Surya Paloh menegaskan, seluruh pencapaian dan kerja-kerja mengisi kemerdekaan telah dilaksanakan. Namun demikian, secara obyektif harus diakui bahwa sebagian pekerjaan itu masih belum mampu dituntaskan. Itulah tugas sejarah yang harus terus-menerus menjadi komitmen seluruh anak bangsa.

“Tantangan itu tidak akan berhenti pada saat kita menghadapi Pemilu 2024 nanti. Lebih dari itu, momentum tersebut haruslah menjadi lompatan perbaikan kualitas pesta demokrasi lima tahunan yang akan menjamin terjadinya sirkulasi kekuasaan yang senantiasa membawa kemajuan bagi setiap proses pembangunan nasional,”

Di sisi lain, kata dia, perubahan tata dunia global dan ancaman resesi ekonomi dunia senantiasa memengaruhi kondisi di Tanah Air. Ketegangan antarnegara atau antarkelompok negara karena perbedaan kepentingan dan perebutan sumber daya menjadi semakin memperlihatkan lemahnya semangat kompetisi.

“Oleh karena itu, semangat kolaborasi haruslah menjadi semangat baru dalam relasi antarbangsa dan antarnegara,” jelasnya.

Sejauh ini, menurut Paloh, Pemerintah Indonesia telah mampu menjawab berbagai tantangan yang ada. Tahun-tahun ini NasDem juga belajar banyak pada warga bangsa yang tetap setia pada komitmen kebangsaannya bahkan di tengah krisis yang terjadi. Komitmen ini haruslah menjadi energi positif yang berlipat ganda bagi capaian yang lebih besar di masa mendatang.

“Di tengah kompleksitas dunia dan semangat zaman, kita membutuhkan kepemimpinan nasional yang kehadirannya mampu merespon segala tantangan zaman,” kata Paloh.

Dia menegaskan, Pemimpin yang tidak hanya mampu melanjutkan apa-apa yang telah dicapai hingga saat ini akan tetapi juga sanggup memberi harapan bagi rakyatnya. Pemimpin yang memiliki otoritas moral yang memadai, komitmen konstitusional, serta kapasitas pribadi dalam menjalankan tugas dan fungsi yang diemban.

Untuk itu, lanjut Paloh, partai NasDem memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024.

“Atas dasar pertimbangan tersebut, Partai NasDem berkebulatan tekad dan mengharap rido Tuhan Yang Mahakuasa, memutuskan untuk mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024,” tegas Paloh.

Sementara, untuk Calon Wakil Presiden, Paloh menyerahkan sepenuhnya kepada Capres dalam hal ini Anies Baswedan.

“Berkaitan dengan calon wakil presiden, kami amanahkan kepada calon presiden untuk memilih dan menentukannya,” pungkas Paloh.(faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
26o
Kurs