Jumat, 17 Mei 2024

Peduli Masyarakat Kurang Mampu, Nasdem Gelar Khitan Massal

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Khitan Massal dalam rangkaian perayaan Isra' Mi'raj yang digelar di Kantor DPD Nasdem, Senin (28/2/2022) Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

DPD Partai Nasdem Surabaya menggelar sunatan massal terhadap warga kurang mampu di Surabaya bertempat di kantor DPD Nasdem.

“Ada sekitar 30-an anak yang mengikuti khitan massal ini dan  mayoritas peserta didominasi oleh umur 8 hingga 17 tahun,” ujar dr. Iki Rahmat Ketua Panitia acara yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Kesehatan DPD Nasdem Surabaya.

Dokter Iki menjelaskan khitan massal ini masih dalam rangkaian perayaan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan bertepatan dengan Rapat Konsolidasi Nasdem Jawa Timur yang dihadiri Surya Paloh Ketua Umum Partai Nasdem ke Surabaya, Senin (28/2/2022).

Dokter Iki menjelaskan khitanan massal tersebut menggandeng Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Ke depan, kegiatan serupa juga bakal digelar setiap tahun. Bahkan bisa konsisten di momen-momen hari besar Islam lainnya,” harapnya.

Soal teknik khitan yang digunakan dr Mariya Mubarika dari PB IDI menjelaskan kegiatan sunatan massal itu menggunakan metode ‘cauter’ atau sering disebut dengan lasser.

“Jadi tidak ada pendarahan, karena pembuluh darahnya itu langsung tertutup karena panasnya itu,” jelasnya.

Sementara itu, Hendra Hermawan warga Wonokusumo, Semampir, Surabaya salah satu orang tua yang mendaftarkan putranya mengikuti sunatan massal itu mengaku senang atas kegiatan tersebut karena anaknya bisa sunat gratis.

“Senang sekali bisa difasilitasi sunat gratis karena sebenarnya anak saya memang sudah lama minta disunat tapi terkendala biaya, jadi Alhamdulillah difasilitasi,” ujarnya.(man/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs