Jumat, 26 April 2024

Pimpinan MPR Yakin KPU Bisa Menyiapkan Tahapan Pemilu 2024 dengan Baik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ahmad Muzani Sekjen Partai Gerindra. Foto : Parlementaria.com

Ahmad Muzani Wakil Ketua MPR RI mengapresiasi gerak cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022-2027 mempersiapkan tahapan pelaksanaan Pemilu 2024.

Menurutnya, sesudah kemarin dilantik Joko Widodo Presiden, KPU yang baru hari ini akan membahas teknis pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak bersama Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pernyataan itu disampaikan Muzani, siang hari ini, Rabu (13/4/2022), sesudah bertemu Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta.

“Tahapan pemilu sangat penting. Untuk menuju pemilihan anggota legislatif dan presiden-wakil presiden. Saya berkesimpulan, persiapan tahapan pemilu sudah disiapkan dengan baik oleh KPU dan Kemendagri,” ujar Muzani.

Sebelumnya, Jokowi Presiden meminta Komisioner KPU dan Bawaslu yang baru segera menjalankan tugas dan kewenangannya menyiapkan pemilu serta pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024.

Persiapan matang sangat penting karena Indonesia belum punya pengalaman menyelenggarakan pemilihan anggota legislatif, pemilihan presiden, dan pilkada dalam satu tahun.

Kemudian, Kepala Negara juga mendorong KPU memberikan pendidikan politik secara masif kepada masyarakat, supaya ke depan tidak ada lagi isu politik identitas yang memicu pengelompokan di masyarakat.

Seperti diketahui, pemilihan anggota legislatif dan presiden-wakil presiden sudah dijadwalkan tanggal 14 Februari 2024. Sedangkan pemilihan kepala daerah tanggal 27 November 2024.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs