Jumat, 3 Februari 2023

Presiden AS dan China akan Bertemu di KTT G20 Bali

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joe Biden (kiri) saat masih menjabat Wapres AS bertemu Presiden China Xi Jinping dalam satu kesempatan di Balai Agung Rakyat China di Beijing pada tahun 2011. Dok: Antara

Joe Biden Presiden Amerika Serikat akan bertemu Xi Jinping Presiden China di Indonesia untuk membahas berbagai isu global dan regional, termasuk persaingan yang bertanggung jawab, demikian menurut keterangan Gedung Putih, Kamis (10/11/2022).

Pertemuan itu akan berlangsung di sela-sela KTT G20 di Bali pada Senin mendatang.

“Kedua pemimpin akan membicarakan upaya mempertahankan sekaligus memperdalam jalur komunikasi antara Amerika Serikat dan China selaku pengelola persaingan, dan melakukan kerja sama di mana kepentingan sejalan, terutama pada tantangan lintas negara yang berdampak terhadap komunitas internasional,” kata Karine Jean-Pierre, juru bicara lewat sebuah pernyataan.

Mengutip Antara yang bersumber Anadolu, Biden mengangkat isu Taiwan, pelanggaran HAM, dan lebih banyak lagi. “Kekhawatiran kami dan sekutu serta mitra kami tentang praktik ekonomi China yang membahayakan,” menurut pejabat senior Biden.

Selain pembahasan tersebut, kedua negara akan membahas perang Rusia dengan Ukraina.

Pertemuan tersebut menjadi pertemuan perdana bagi Biden saat menjabat sebagai presiden.

“Presiden percaya bahwa sangat penting untuk membangun pondasi hubungan dan memastikan bahwa ini adalah aturan jalan yang mengikat persaingan kami,” kata pejabat tersebut.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait