Jumat, 9 Desember 2022

Puan: PDIP Siap Mengusung Capres Sendiri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP dan Puan Maharani Ketua DPP PDIP pelantikan pengurus pusat Banteng Muda Indonesia (BMI) . Foto: istimewa

Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) menegaskan, partainya bisa mengusung calon presiden (capres) sendiri pada Pemilu 2024, tanpa perlu berkoalisi dengan partai politik lain.

Hal itu dimungkinkan karena perolehan suara PDIP pada Pemilu 2019 memenuhi ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold).

“PDI Perjuangan kan punya tiket sendiri, sudah mencukupi. Suaranya PDI Perjuangan juga sudah bisa maju,” ujarnya usai menanam padi dan berdialog bersama petani di Desa Adat Sedang, Abiansamel, Badung, Bali, Rabu (28/9/2022).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR, atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada Pemilu sebelumnya.

Tahun 2019, PDIP berhasil mendapatkan 27.503.961 suara yang dikonversikan menjadi 128 kursi DPR RI. Jumlah kursi PDIP di DPR lebih dari 20 persen yang menjadi syarat ambang batas capres.

“Tentu sesuai jumlah suara yang ada, PDIP siap memiliki calon presiden sendiri,” imbuhnya.

Walau begitu, Puan bilang bukan berarti PDIP tidak mau bekerja sama dengan partai-partai lainnya pada Pemilu mendatang. Dia menegaskan, PDIP membuka ruang kerja sama dengan partai politik yang memiliki kesamaan visi dan misi.

“PDI Perjuangan siap berkomunikasi, membuka ruang dan bersilaturahmi. Harapannya nanti pada waktunya akan ada teman untuk bersama-sama menuju 2024,” tutur politikus yang sekarang menjabat Ketua DPR RI.

Lebih lanjut, Puan menjelaskan kalau dirinya mendapat tugas dari Megawati Soekarnoputri Ketum PDIP untuk bersafari politik bertemu pimpinan-pimpinan partai.

Sejauh ini, dia sudah bertemu Surya Paloh Ketum NasDem, Prabowo Subianto Ketum Gerindra, dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Ketum PKB.

Bahkan, Cak Imin mengisyaratkan siap menjadi pendamping sebagai calon wakil presiden kalau Puan mendapat amanat dari PDIP untuk maju sebagai capres.

“Semuanya harus siap untuk bisa ikut kontestasi 2024. Kita doakan semua siap untuk bisa maju,” sebut Puan.

Terkait figur bakal calon pendampingnya kalau jadi capres dari PDIP, Puan mengaku sudah punya gambaran.

“Insyaallah punya (calon wapres),” pungkasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
30o
Kurs