Kamis, 28 Maret 2024

Tujuh Anggota KPU 2022-2027 Lolos Fit and Proper Test di Komisi II

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ahmad Doli Kurnia Tandjung Ketua Komisi II DPR RI. Foto: Istimewa

Komisi II DPR RI akhirnya memilih tujuh (7) dari 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Selanjutnya, setelah lolos uji kelayakan dan kepatutan, tujuh calon anggota KPU dengan masa jabatan 2022-2027 ini akan dilantik oleh Joko Widodo (Jokowi) Presiden.

Berdasarkan peringkat, tujuh nama itu masing-masing Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.

“Urutan satu sampai tujuh ini yang akan dilantik oleh Presiden RI,” ujar Ahmad Doli Kurnia Tandjung Ketua Komisi II DPR RI di gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis dini hari (17/2/2022).

Doli menjelaskan, awalnya, model pemilihan akan dilakukan secara voting, tapi karena perdebatan panjang dan beberapa pertimbangan, akhirnya diputiskan berdasarkan peringkat.

Doli menegaskan berbagai pertimbangan memilih nama-nama tersebut di antaranya objektif, kualitas, kapasitas kepemiluan, kepemimpinan, membangun komunikasi yang baik, inovasi dan kreativitas hingga aspek kesehatan fisik dan mental.

Sementara untuk peringkat kedelapan sampai 14 yakni Viryan, Iffa Rosita, Dahliah, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Iwan Rompo Banne, Yessy Yatty Momongan dan Muchamad Ali Safa’at.

Sebelumnya, Komisi II DPR RI telah menggelar uji kelayakan dan kepatutan sejak 14-16 Februari 2022.

Setiap calon anggota dijadwalkan maksimal satu jam untuk pemaparan visi-misi serta pendalaman oleh anggota Komisi II DPR RI.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs