Jumat, 9 Desember 2022

Usai Bertemu Ketum PPP, Airlangga Tegaskan KIB Tetap Solid

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar, Rabu (5/10/2022), mengadakan pertemuan dengan Mardiono Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membahas sejumlah hal, termasuk dinamika politik menjelang Pemilu 2024.

“Sembari ngopi dan makan malam, kami berdiskusi tentang agenda-agenda sosial-politik kebangsaan ke depan, termasuk mengawal program-program nasional Presiden Joko Widodo hingga 2024,” ujar Airlangga Hartarto lewat media sosialnya.

Dave Laksono Ketua DPP Partai Golkar mengatakan, detail pembahasan Airlangga dengan Mardiono masih terkait kebersamaan dalam KIB.

“Ditunggu saja. Akan lebih baik setelah tiga ketua umum Golkar, PAN, PPP bertemu. Nanti setelah tiga ketum parpol bertemu, baru ada penjelasan resmi,” katanya di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Rencananya, lanjut Dave, PPP akan menjadi tuan rumah pertemuan KIB di Semarang dalam waktu dekat. Dia berharap dalam pertemuan ini, tiga ketum partai anggota KIB mencapai kesepakatan politik untuk mengusung calon presiden 2024.

Menurut Dave, pertemuan Airlangga-Mardiono membuktikan KIB masih solid. Tapi, yang paling ditunggu dari KIB adalah pengumuman calon pasangan capres dan cawapres yang akan diusung.

Sejauh ini, belum ada nama yang terucap. Tapi, Partai Golkar masih tetap mengajukan Airlangga sebagai capres 2024.

“Kebijakan partai tidak berubah, calon presiden kami adalah Pak Airlangga Hartarto. Semua masih sangat solid mendukung Airlangga untuk Pilpres 2024 nanti,” tegas Dave Laksono.

Sementara itu, Achmad Baidowi Ketua DPP PPP mengungkapkan, pertemuan Ketua Umum Partai Golkar dengan Plt Ketua Umum PPP juga menyelipkan pembahasan tentang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Ya tentu ada pembahasan mengenai KIB dalam pertemuan. Kan keduanya pentolan KIB,” jelasnya.

Politikus yang akrab disapa Awiek menegaskan posisi PPP tetap berada di KIB. Walau demikian, ada kemungkinan posisi Mardiono sebagai koordinator KIB dari PPP akan digantikan.

“Ya tetap di KIB. Pak Mardiono sendiri kan koordinator KIB di PPP. Karena sekarang menjadi ketua umum, maka koordinator KIB di PPP kemungkinan nanti akan diganti orang lain yang mengatur secara teknis,” ungkapnya.

Dia bilang, Mardiono akan lebih fokus pada tugas sebagai ketua umum, sedangkan yang mengatur secara teknis terkait KIB di PPP akan dilimpahkan pada kader lain.

Sebelumnya, beredar kabar PPP akan menggelar musyawarah kerja nasional (Mukernas) akhir 2022 atau awal 2023, dengan agenda mengevaluasi posisi PPP di KIB. Tapi, isu tersebut sudah ditepis Mardiono yang menyatakan tetap berada di KIB.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
30o
Kurs